5 Amalan yang Bisa Raih Ampunan Allah SWT di Akhir Ramadhan

Ustaz Rahmat Hidayat · Sabtu, 06 April 2024 - 19:57 WIB
5 Amalan yang Bisa Raih Ampunan Allah SWT di Akhir Ramadhan
Lima amalan di akhir Ramadhan yang bisa meraih ampunan Allah SWT, salah satunya perbanyak berdoa (Foto: Reuters)

AMALAN-AMALAN yang bisa meraih ampunan Allah SWT jika dikerjakan di akhir Ramadhan patut diketahui. Rasulullah SAW pernah mengatakan, betapa ruginya umat Islam yang berada di bulan Ramadhan tetapi tidak mendapatkan ampunan Allah SWT. 

Hadits ini menjadi pengingat agar seorang Muslim memanfaatkan waktu di bulan Ramadhan dengan mengerjakan amalan yang bisa mendatangkan ampunan Allah SWT, sehingga dia dibersihkan dosa-dosanya. Apalagi, bila kita ingin mendapatkan malam Lailatul Qadr yang di dalamnya terdapat limpahan rahmat dan ampunan Allah SWT. 

Berikut 5 amalan di akhir Ramadhan yang bisa meraih ampunan Allah SWT:

1. Perbanyak Shalat Malam

Di malam hari, biasanya ketenangan jiwa lebih mudah dirasakan. Selagi itu, kita dapat memperbanyak rakaat shalat malam.

Keistimewaan ibadah ini mampu mendatangkan ampunan Allah. Seperti dijelaskan Abu Hurairah, dari Nabi Muhammad SAW, beliau bersabda, “Barang siapa menegakkan shalat pada malam Lailatul Qadr atas dorongan iman dan mengharap balasan (dari Allah), diampunilah dosa-dosanya yang telah lalu."

2. Perbanyak Sedekah

Sedekah seperti air yang memadamkan api. Amalan ini mampu menghapus dosa-dosa walau kita tidak pernah tahu seberapa banyak yang telah kita perbuat. Maka dengan rutin bersedekah seseorang dapat terhindar dari dosa.

Rasulullah mencontohkan umatnya agar lebih bersikap dermawan dengan memperbanyak sedekah terutama pada bulan Ramadhan (HR Bukhari).

3. Perbanyak Istighfar

Istighfar berarti meminta ampunan kepada Allah SWT dari perbuatan dosa. Tentunya kita sangat membutuhkan istighfar karena telah melakukan dosa, baik yang disadari atau tidak.

Diriwayatkan oleh Ibnu Majah, Abdullah bin Busr berkata, Rasulullah SAW pernah bersabda, “Beruntunglah orang yang di catatan amalnya terdapat istighfar yang banyak.”

Bukan yang sekadar diucapkan di lisan, tetapi istighfar yang mendatangkan ampunan harus diiringi dengan sikap menghentikan perbuatan dosa dan tidak mengulanginya. Hanya Allah yang mampu mengampuni dosa-dosa kita, sebagaimana disebutkan dalam firman-Nya: "... Mereka ingat Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain daripada Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui.” (QS Ali-Imran: 135).

4. Perbanyak Dzikir 

Hendaknya kita memperbanyak doa dan dzikir. Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang berkata Subhanallah wa bihamdihi, Maha Suci Allah dengan segala pujian bagi-Nya, sebanyak 100 kali maka akan dihapus dosa-dosanya sekalipun sebanyak buih di lautan.” (HR Bukhari)

Bukan berarti kita bebas melakukan dosa lalu Allah akan mengampuni kita. Namun, hadits ini merupakan seruan agar manusia ingat untuk memperbanyak dzikir dan menyebut asma Allah atau nama-Nya yang mulia.

5. Perbanyak Doa

Memperbanyak doa kepada Allah, apalagi di malam Lailatul Qadr yang hanya ada pada bulan Ramadhan adalah anjuran yang diutamakan agar seseorang mendapat ampunan dan perlindungan Allah SWT.

Salah satu doa yang bisa kita lafalkan ialah, “Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa fu’anni, yang artinya, Ya Allah Engkau Maha Pemaaf dan mencintai orang yang meminta maaf, maka maafkanlah aku.

Itulah 5 amalan yang bisa meraih ampunan Allah SWT di akhir Ramadhan. Tentunya masih banyak lagi, maka pergunakanlah waktu di 10 malam terakhir Ramadhan ini untuk mendapatkan ampunan-Nya. 


Editor : Anton Suhartono

Follow Berita iNews di Google News