hikmah

6 Sifat Buruk Bangsa Yahudi-Bani Israil dalam Alquran, Nomor 6 Sangat Keterlaluan

Kastolani Marzuki · Senin, 17 Mei 2021 - 05:30 WIB
6 Sifat Buruk Bangsa Yahudi-Bani Israil dalam Alquran, Nomor 6 Sangat Keterlaluan
Tentara israel memerangi kaum Muslim Palestina di Masjid Al Aqsa. (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNews.id - Bangsa Yahudi dan Bani Israil dikenal dengan tabiatnya yang keras kepala, suka melakukan kerusakan dan permusuhan sesama manusia. Mereka juga kerap ingkar dan mendustakan atas nikmat yang telah diberikan Allah SWT. 

Dalam tafsir Ibnu Katsir disebutkan, orang-orang Yahudi adalah pengikut Nabi Musa alaihisalam, yaitu mereka yang berpegang kepada kitab Taurat di zamannya. 

Kata Al-Yahud diambil dari kata al-hawadah yang artinya kasih sayang, atau berasal dari kata at-tahawwud yang artinya tobat, seperti yang dikatakan oleh Musa alaihisalam dalam firman-Nya:

{إِنَّا هُدْنَا إِلَيْكَ}

Sesungguhnya kami kembali kepada Engkau. (Al-A'raf: 156)

Maksudnya, kami bertobat kepada Engkau. Seakan-akan mereka dinamakan demikian pada asal mulanya karena tobat dan kasih sayang sebagian mereka kepada sebagian yang lain.

Menurut pendapat yang lain, nama Yahudi itu dinisbatkan (dikaitkan) dengan Yahuda, nama anak tertua Ya'qub. Abu Amr ibnul Ala mengatakan, disebut demikian karena mereka selalu bergerak di kala membaca kitab Taurat.

Dalam Alquran, disebutkan sifat-sifat buruk Bangsa Yahudi atau Bani Israel. Berikut lima sifat buruk Bangsa Yahudi-Bani Israil dalam Alquran:

1. Mendustakan Nikmat Allah 

Allah SWT berfirman mengenai perintah-Nya kepada Bani Israil untuk mensyukuri nikmat yang telah diberikan.

يٰبَنِيْٓ اِسْرَاۤءِيْلَ اذْكُرُوْا نِعْمَتِيَ الَّتِيْٓ اَنْعَمْتُ عَلَيْكُمْ وَاَنِّيْ فَضَّلْتُكُمْ عَلَى الْعٰلَمِيْنَ

"Hai Bani Israil, ingatlah nikmat-Ku yang telah Aku anugerahkan kepadamu dan (ingatlah pula) bahwasanya Aku telah melebihkan kamu atas segala umat". (QS. Al Baqarah ayat 47)

Mujahid mengatakan bahwa nikmat Allah yang telah dilimpahkan kepada mereka (kaum Bani Israil) selain dari apa yang telah disebutkan ialah dipecahkan batu besar buat mereka hingga mengeluarkan air untuk minum mereka, diturunkan kepada mereka manna dan salwa, dan mereka diselamatkan dari perbuatan Firaun dan bala tentaranya. Abul Aliyah mengatakan bahwa nikmat Allah tersebut ialah Dia menjadikan dari kalangan mereka banyak nabi dan rasul, dan diturunkan kepada mereka kitab-kitab samawi.

Meski demikian, Kaum Yahudi atau Bani Israil mengingkari dan menudstakan nikmat yang telah diberikan Allah kepada mereka.


Editor : Kastolani Marzuki

Follow Berita iNews di Google News