Alquran Tulisan Tangan Berusia 2 Abad, Jejak Sejarah Penyebaran Islam Di Lereng Gunung Lawu

Bramantyo ยท Senin, 19 April 2021 - 22:40 WIB
Alquran Tulisan Tangan Berusia 2 Abad, Jejak Sejarah Penyebaran Islam Di Lereng Gunung Lawu
Alquran yang ditulis langsung oleh Syekh Hasan Tafsir ulama yang berperan mengembangkan agama Islam di kawasan lereng Gunung Lawu. Foto: Okezone/Bramantyo.

KARANGANYAR, iNews.id - Proses penyebaran agama Islam di Kabupatan Karanganyar tidak lepas dari peran Syekh Hasan Tafsir. Pria yang konon berasal dari Jawa Timur, memiliki peran dalam proses penyebaran agama Islam di lereng Gunung Lawu

Jejak sejarah Syekh Hasan Tafsir dapat dilihat di Dusun Sintru, Desa Doplang, Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar. Daerah ini terletak di kawasan lereng Gunung Lawu. Dari desa ini, terdapat rekam jejak masuknya Islam di Karanganyar awal tahun 1.800.

Bukti-bukti yang menunjukkan penyebaran Islam masuk di Karangnyar masih ada hingga kini. Masjid yang konon didirikan Syekh Hasan Tafsir juga masih ada di tengah permukiman warga. Selain itu juga terdapat bebarapa situs bangunan yang menjadi saksi sejarah perkembangan Islam di daerah Karanganyar.

Keturunan generasi keempat dari Syekh Hasan Tafsir, Sulaiman Abdul Aziz mengatakan, dahulu masyarakat menyebut ajaran Islam yang  berkembang, sebagai agama pengganti ajaran Kejawen yang semula dianut warga sekitar pada saat itu. 

Meski masih keturunan dari Syekh Hasan Tafsir, namun Sulaiman mengaku tak tahu persis kapan kakek moyangnya tinggal di dusun Sintru. Sebab tidak ada keterang resmi menyangkut asal-usul dari Hasan Tafsir. Sulaiman mengetahui cerita dari orang tuanya bila Hasan Tafsir adalah seorang ulama besar dari Timur Tengah yang terdampar di daerah Matesih.


Editor : Ary Wahyu Wibowo

Follow Berita iNews di Google News