Hikmah

Amalan Sunnah Idul Adha

Kastolani Marzuki · Senin, 19 Juli 2021 - 20:00 WIB
Amalan Sunnah Idul Adha
Muslim dianjurkan banyak membaca takbir dan memakai pakaian terbaik saat berangkat untuk melaksanakan sholat Idul Adha. (Foto: ist)

JAKARTA, iNews.id - Ada beberapa amalan sunnah Idul Adha yang perlu dilakukan agar mendapat keutamaan di antaranya banyak membaca takbir, tahlil, tasbih dan tahmid. Pemerintah telah mengumumkan Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah jatuh pada Selasa 20 Juli 2021. 

Sama seperti tahun 2020 lalu, pemerintah meniadakan sholat Idul Adha berjamaah di masjid dan tanah lapang khusus di daerah yang memberlakukan PPKM Darurat untuk mencegah penyebaran Covid-19. 

Majelis Ulama Indonesia (MUI) pun telah mengeluarkan fatwa panduan pelaksanaan sholat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban di masa PPKM Darurat. Dalam fatwa tersebut, MUI mengimbau masyarakat melaksanakan sholat Idul Adha di rumah.

Hukum Sholat Idul Adha adalah sunnah muakkadah yang menjadi salah satu syi'ar keagamaan (syi'ar min sya'air al-Islam).

Sholat Idul Adha ini disunnahkan bagi setiap muslim, baik laki-laki maupun perempuan, merdeka maupun hamba sahaya, dewasa maupun anak-anak, di kediaman maupun sedang bepergian (musafir), secara berjamaah maupun secara sendiri. 

Direktur Rumah Fiqih Indonesia, Ustaz Ahmad Sarwat Lc MA mengatakan, ada beberapa amalan sunnah sebelum melaksanakan sholat Idul Adha antara lain :

1. Membaca Takbir, Tahlil, Tasbih dan Tahmid

Salah satu amalan di Hari Raya Idul Adha yakni banyak membaca takbir, tahlil, tasbih dan tahmid.

{وَيَذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ [فِي أَيَّامٍ مَعْلُومَاتٍ] عَلَى مَا رَزَقَهُمْ مِنْ بَهِيمَةِ الأنْعَامِ}

Artinya: Supaya mereka menyebut nama Allah pada hari yang telah ditentukan atas rezeki yang Allah telah berikan kepada mereka berupa binatang ternak. (Surat Al-Hajj: 28).


Editor : Kastolani Marzuki

Follow Berita iNews di Google News