Bacaan Ayat Kursi, Arab, Latin, Arti serta 8 Keutamaan

Hanna Ratih Aninditya · Minggu, 02 Oktober 2022 - 22:39 WIB
Bacaan Ayat Kursi, Arab, Latin, Arti serta 8 Keutamaan
Bacaan Ayat Kursi beserta artinya penting dihafal Muslim karena banyak keutamaannya. (Foto: ist)

JAKARTA, iNews.id - Bacaan Ayat Kursi memiliki keutamaan bagi yang rutin mengamalkannya. Ayat Kursi ini dianjurkan dibaca selepas sholat fardhu atau wajib.

Ayat Kursi terdapat dalam Surat Al Baqarah ayat 255. Dinamakan Ayat Kursi karena dalam ayat tersebut ada kalimat (kursi). 

Sebetulnya ada beberapa nama lain selain Ayat Kursi, yaitu : A'zhomul ayaat, Sayyidatu Ayyil Qur'an, Afdholu ayyil Qur'an, Asyrofu Ayyil Qur'an.

Pendakwah asal Arab Saudi, almarhum Syekh Ali Jaber menganjurkan umat Islam untuk tidak lupa membaca satu ayat dalam Alquran selesai melaksanakan shalat. Ayat tersebut yakni Ayat Kursi yang ada dalam Surat Al Baqarah ayat 255.

Syekh Ali Jaber menjelaskan tentang keutamaan Ayat kursi sebagaimana yang disebutkan dalam hadis. Rasulullah SAW telah bersabda: Man qara'a ayatal kursi dubura kulli sholati laisa bain wa bainal jannati illa ayyamuut.

Berikut bacaan Ayat Kursi, Arab, latin dan artinya:

اَللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَۚ اَلْحَيُّ الْقَيُّوْمُ ەۚ لَا تَأْخُذُهٗ سِنَةٌ وَّلَا نَوْمٌۗ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِۗ مَنْ ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهٗٓ اِلَّا بِاِذْنِهٖۗ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْۚ وَلَا يُحِيْطُوْنَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهٖٓ اِلَّا بِمَا شَاۤءَۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَۚ وَلَا يَـُٔوْدُهٗ حِفْظُهُمَاۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ

Latin: Allaahu Laailaaha illa huwal hayyul qayyuum. Laa ta'khudzuhu sinatuw walaa nauum. Lahuu maa fissamaawaati wamaa fil ardhi. Mangdzalladzii yasyfa'u 'indahuu illai bi idznih. Ya'lamu maa baina aiydiihim wamaa kholfahum walaa yukhiithuuna bisyayin min 'ilmihii illaa bimaa syaaa a. wasi'a kursiyyuhus samaawaati wal ardho. Walaa yauduhuu khifdhuhumaa wa huwal'aliyyul 'adhiim.

Artinya: Allah, tidak ada Tuhan melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus-menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk, dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada seorang pun yang dapat memberi syafaat di sisi Allah melainkan dengan seizin-Nya. Allah mengetahui semua apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Mahatinggi lagi Mahabesar. (QS. Al Baqarah: 255).


Editor : Kastolani Marzuki

Follow Berita iNews di Google News