Hikmah

Bacaan Niat Sholat Idul Adha dan Tata Caranya

Kastolani Marzuki · Senin, 19 Juli 2021 - 09:29 WIB
Bacaan Niat Sholat Idul Adha dan Tata Caranya
Muslim menjalankan sholat Idul Adha 2020 di Kota Semarang. (Foto: Dok.SINDOnews)

JAKARTA, iNews.id - Bacaan niat sholat Idul Adha berjamaah maupun sendirian perlu diketahui Muslim agar bisa melaksanakan ibadah sholat sunnah yang dilakukan setahun sekali dengan baik dan benar. Muslim juga perlu mengetahui tata cara Sholat Idul Adha khususnya di rumah. 

Pemerintah telah menetapkan Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah jatuh pada Selasa 20 Juli 2021. Sama seperti tahun 2020 lalu, pemerintah meniadakan sholat Idul Adha berjamaah di masjid dan tanah lapang khusus di daerah yang memberlakukan PPKM Darurat untuk mencegah penyebaran Covid-19. 

Majelis Ulama Indonesia (MUI) pun telah mengeluarkan fatwa panduan pelaksanaan sholat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban di masa PPKM Darurat. Dalam fatwa tersebut, MUI mengimbau masyarakat melaksanakan sholat Idul Adha di rumah.

Hukum Sholat Idul Adha adalah sunnah muakkadah yang menjadi salah satu syi'ar keagamaan (syi'ar min sya'air al-Islam).

Sholat Idul Adha ini disunnahkan bagi setiap muslim, baik laki-laki maupun perempuan, merdeka maupun hamba sahaya, dewasa maupun anak-anak, di kediaman maupun sedang bepergian (musafir), secara berjamaah maupun secara sendiri. 

Khusus untuk sholat Idul Adha sendirian, cukup dengan 7 takbir di rakaat pertama dan 5 takbir pada rakaat kedua, tanpa ada khutbah.

Sholat Idul Adha tidak diawali dengan azan dan iqomah melainkan dengan seruan asholaatul jaam'iah. Yakni seruan untuk melaksanakan sholat berjamaah yang dikumandangkan Bilal.

Berikut bacaan niat sholat Idul Adha berjamaah:

اُصَلِّى سُنُّةً عِيْدِ الْاَضْحَى رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ (مَأْمُوْمًا /إِمَامًا) للهِ تَعَالَى

"Usholli sunnatan 'iidil adhaa rok'ataini mustaqbilal qiblati (makmuman/imaaman) lillaahi ta'aalaa"

Artinya: "Aku berniat sholat sunnah Idul Adha dua rakaat menghadap kiblat (menjadi makmum/imam) karena Allah ta'ala."


Editor : Kastolani Marzuki

Follow Berita iNews di Google News