Cara Membuat Kue Ulang Tahun Coklat, Dijamin Lumer di Mulut!

Wiwie Heriyani ยท Rabu, 28 Desember 2022 - 16:04 WIB
Cara Membuat Kue Ulang Tahun Coklat, Dijamin Lumer di Mulut!
Cara membuat kue ulang tahun coklat (Foto: Taste)

JAKARTA, iNews.id - Cara membuat kue ulang tahun coklat yang enak tidak terlalu sulit untuk dikreasikan. Kue coklat memang sangat populer dijadikan kue ulang tahun.

Perayaan ulang tahun tentu tak afdol rasanya tanpa kehadiran kue ulang tahun. Kini, berbagai jenis kue ulang tahun telah menjamur. Namun, kue ulang tahun coklat tetap menjadi primadona.

Kue ulang tahun coklat kerap menjadi opsi yang paling banyak dipilih untuk membuat perayaan ulang tahun seseorang menjadi lebih manis. Sebab, kue ulang tahun coklat terkenal dengan cita rasanya yang legit dan manis di mulut.

Meski telah banyak toko kue yang menjual berbagai jenis kue ulang tahun coklat, banyak juga yang penasaran untuk membuatnya sendiri di rumah. Hal ini karena membuat kue ulang tahun coklat cenderung lebih mudah dibuat. 

Penasaran ingin mencicipi kue ulang tahun coklat yang enak? Berikut ulasan cara membuat kue ulang tahun coklat yang mudah dan sederhana. Dirangkum pada, Rabu (28/12/2022).

Cara Membuat Kue Ulang Tahun Coklat

Bahan 1:

Siapkan putih telur 6 butir
Siapkan gula pasir 1 gelas belimbing
Siapkan sp 1 sdt

Bahan 2:

Tepung terigu premium 2 gelas
Kuning telur 6 butir
Kental manis coklat 1 saset
Margarin cair 100 gr
Coklat batang cair 100 gr
Minyak goreng 50 ml
Coklat bubuk 1 bungkus
Tepung maizena 1 sdm
Air 1 gelas belimbing
Baking powder sejumput
Baking soda sejumput

Bahan Butter Cream:

Siapkan mentega putih 1/4 kg
Siapkan gula pasir 1 gelas belimbing
Siapkan air 1 gelas belimbing

Cara membuat:

1. Kocok bahan 1, putih telur, sp dan gula pasir hingga mengembang dan kaku. Campurkan semua bahan 2 aduk hingga tercampur merata lalu campurkan dengan adonan putih telur aduk lagi hingga tercampur merata.
2. Siapkan loyang yang sudah dilapisi kertas roti dan diolesi mentega, tuangkan adonan kue lalu panggang hingga matang dalam oven yang sudah dipanaskan terlebih dahulu. Rebus gula dan air hingga larut lalu Mixer sirup gula dan mentega putih hingga tercampur merata.
3. Olesi kue dengan butter cream dan siram dengan coklat leleh lalu hias sesuai selera. Anda hanya perlu menyiapkan kukusan saja sebagai pengganti oven. 

Itulah cara membuat kue ulang tahun coklat yang enak dan legit.


Editor : Vien Dimyati

Follow Berita iNews di Google News