Hikmah

Doa Husnul Khotimah agar Diwafatkan dalam Keadaan Islam

Kastolani Marzuki · Rabu, 07 Juli 2021 - 18:47 WIB
Doa Husnul Khotimah agar Diwafatkan dalam Keadaan Islam
Doa husnul khotimah dan minta diwafatkan dalam keadaan Islam perlu dipanjatkan Muslim. (Foto: Boldsky)

JAKARTA, iNews.id - Doa husnul khotimah dan minta diwafatkan dalam keadaan Islam perlu diketahui dan diamalkan Muslim. Doa tersebut juga dipanjatkan para nabi dan orang-orang saleh. 

Allah SWT berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقاتِهِ وَلا تَمُوتُنَّ إِلاَّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya; dan janganlah sekali-kali kalian mati melainkan dalam keadaan beragama Islam. (QS. Ali Imran: 102)

Ibnu Katsir dalam tafsirnya menjelaskan mengenai ayat tersebut yakni peliharalah Islam dalam diri kalian sewaktu kalian sehat dan sejahtera agar kalian nanti mati dalam keadaan beragama Islam, karena sesungguhnya sifat dermawan itu terbina dalam diri seseorang berkat kebiasaannya dalam berderma. Barang siapa yang hidup menjalani suatu hal, maka ia pasti mati dalam keadaan berpegang kepada hal itu; dan barang siapa yang mati dalam keadaan berpegang kepada suatu hal, maka kelak ia dibangkitkan dalam keadaan tersebut.

Setiap orang muslim pasti ingin meninggal dalam keadaan husnul khotimah. Jika meninggal dalam keadaan husnul khotimah, niscaya Allah akan mengampuni segala dosa-dosanya. Husnul khotimah artinya akhir yang baik.

Rasulullah SAW bersabda:

عَنْ جَابِرٍ قَالَ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وسلم يَقُولُ قَبْلَ مَوْتِهِ بِثَلَاثٍ: "لَا يَمُوتَنَّ أحَدُكُمْ إِلَّا وَهُوَ يُحْسِنُ الظَّنَّ بِاللهِ عَزَّ وَجَلَّ".

Dari Jabir yang menceritakan bahwa ia mendengar Rasulullah SAW bersabda tiga hari sebelum wafat, yaitu: Jangan sekali-kali seseorang di antara kalian meninggal dunia melainkan ia dalam keadaan berbaik prasangka kepada Allah SWT.


Editor : Kastolani Marzuki

Follow Berita iNews di Google News