Doa Puasa Hari ke-27 Bulan Ramadan

Kastolani Marzuki · Rabu, 20 Mei 2020 - 04:22 WIB
Doa Puasa Hari ke-27 Bulan Ramadan
Ilustrasi berdoa di Ramadan. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Puasa Bulan Ramadan hari ini, Rabu (20/5/2020) tepat memasuki hari ke-27. Sungguh terasa begitu cepat waktu berputar dan bulan mulia ini segera berlalu. Muslim tentu bersedih akan ditinggalkan bulan Ramadan, karena di bulan ini semua amal perbuatan baik dilipatgandakan pahalanya.

Di bulan ini juga ada satu malam yang lebih baik dari 1.000 bulan yakni Lailatul Qadar.

Rasulullah SAW saat memasuki 10 hari terakhir menguatkan ibadahnya.

إذا دخل العشر شد مزره وأحيى ليله وأيقظ أهله وكان الصالحون يصلون في ليلة من العشر ركعتين بنية قيام ليلة القدر وعن بعض الأكابر من قرأ كل ليلة عشر آيات على تلك النية لم يحرم بركتها وثوابها

Artinya: Ketika telah masuk 10 hari terakhir pada Bulan Ramadon, Nabi SAW menguatkan balutan lukanya menghidupkan malamnya, membangunkan keluarganya, dan orang-orang salih melakukan shalat pada malam 10 terakhir Bulan Ramadan dua roka'at dengan niat mendirikan malam lailatul qodar.

Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

ثَلاَثَةٌ لاَ تُرَدُّ دَعْوَتُهُمُ الصَّائِمُ حَتَّى يُفْطِرَ وَالإِمَامُ الْعَادِلُ وَدَعْوَةُ الْمَظْلُومِ

“Tiga orang yang do’anya tidak tertolak: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan do’a orang yang dizholimi”. (HR. At Tirmidzi no. 3598. At Tirmidzi mengatakan bahwa hadis ini hasan)

Dikutip dari tebuireng.online, Syaikh Abu Zakariyah Yahya bin Syaraf an Nawawi ad Dimasqi dalam kitabnya al Majmu Syarhu al Muhadzab juz 6 halaman 375, menjelaskan bahwa hadis ini menunjukkan kesunnahan doa itu bagi orang yang berpuasa (semua jenis puasa) dari awal puasa hingga akhir.

Syaikh an Nawawi juga mengatakan dalam kitab yang sama bahwa disunnahkan bagi orang yang berpuasa ketika ia dalam keadaan berpuasa untuk berdoa demi keperluan akhirat dan dunianya, dan pada perkara yang ia sukai.

Karena itu, Muslim harus terus berdoa memohon ampunan dan rahmat dari Allah SWT di bulan penuh barokah ini. Berikut doa hari ke-27 puasa Bulan Ramadan:

اَللَّهُمَّ ارْزُقْنِيْ فِيْهِ فَضْلَ لَيْلَةِ الْقَدْرِ وَ صَيِّرْ أُمُوْرِيْ فِيْهِ مِنَ الْعُسْرِ إِلَى الْيُسْرِ وَ اقْبَلْ مَعَاذِيْرِيْ وَ حُطَّ عَنِّيَ الذَّنْبَ وَ الْوِزْرَ يَا رَؤُوْفًا بِعِبَادِهِ الصَّالِحِيْنَ

Allaahummarzuqnii fiihi fadhla laylatil qadri wa shayyir umuuri fiihi minal ‘usri ilal yusri waqbal ma’aadziirii wa huththa ‘anniyadz dzanba wal wizra yaa ra`uufan bi’ibadihiish shaalihiin.

Artinya : ”Ya Allah, berkahilah aku di bulan ini dengan mendapatkan lailatul qadr. Ubah arah hidupku dari hidup yang susah menjadi mudah. Terimalah segala permohonan maafku dan hapuskan dosa-dosa dan kesalahanku. Wahai Yang Maha Penyayang terhadap hamba-Nya yang saleh."

Wallahu A'lam Bishshawab.


Editor : Kastolani Marzuki

Follow Berita iNews di Google News