Doa Puasa Hari ke-29 Bulan Ramadan

Kastolani Marzuki · Jumat, 22 Mei 2020 - 03:30 WIB
Doa Puasa Hari ke-29 Bulan Ramadan
Ilustrasi Ramadan. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Puasa Bulan Ramadan hampir mencapai garis finis. Dua hari lagi, Muslim akan merayakan hari kemenangan atau Idul Fitri setelah sebulan berjuang melawan hawa nafsu.

Di sisa akhir Bulan Ramadan ini, Muslim dianjurkan untuk istikamah dan terus memperbanyak amalan ibadah agar bisa mendapat predikat orang-orang yang bertakwa sebagaiman tujuan dari disyariatkannya puasa Ramadan.

Allah SWT berfirman:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa. (QS. Al Baqarah: 183).

Keutamaan hari ke-29 yang merupakan hari ganjil terakhir di Bulan Ramadan sangat banyak di antaranya, sholat tarawih malam ke 29 akan mendapat pahala 1.000 Ibadah Haji.

Dari Ali bin Abi Thalib ra, bahwa dia berkata Nabi SAW ditanya tentang keutamaan-keutamaan tarawih di Bulan Ramadan. Kemudian Nabi SAW bersabda: Padam malam ke-29, Allah SWT akan memberikan pahala bagi orang mukmin yang shalat tarawih sebanyak pahala 1.000 haji makbul.

. وَفِى اللَّيْلَةِ التَّاسِعَةِ وَاْلعِشْرِيْنَ أَعْطَاهُ اللهُ ثَوَابَ اَلْفِ حِجَّةٍ مَقْبُوْلَةٍ.

Artinya: Pada malam yang ke 29, Allah memberikan kepadanya pahala seribu ibadah haji yang diterima.

Adapun doa yang perlu diamalkan di hari ke-29 puasa Ramadan ini sebagai berikut:

اَللَّهُمَّ غَشِّنِيْ فِيْهِ بِالرَّحْمَةِ وَ ارْزُقْنِيْ فِيْهِ التَّوْفِيْقَ وَ الْعِصْمَةَ وَ طَهِّرْ قَلْبِيْ مِنْ غَيَاهِبِ التُّهَمَةِ يَا رَحِيْمًا بِعِبَادِهِ الْمُؤْمِنِيْنَ

Allaahumma ghasysyinii fiihi birrahmati warzuqnii fiihit tawfiiqa wal ‘ismata wa thahhir qalbii min ghayaahibit tuhmati yaa rahiiman bi’ibaadihil mukminiin.

Artinya: ”Ya Allah, lingkupilah aku di bulan ini dengan rahmat-Mu, anugrahilah aku taufik dan penjagaan-Mu. Sucikanlah hatiku dari benih-benih fitnah/kebencian, Wahai yang Maha Pengasih terhadap hamba-hamba-Nya yang beriman”. Amiin


Editor : Kastolani Marzuki

Follow Berita iNews di Google News