Dzikir dan Doa setelah Sholat Dhuha Sesuai Sunnah, Arab, Latin, dan Artinya

Kastolani Marzuki · Jumat, 22 Desember 2023 - 07:30 WIB
Dzikir dan Doa setelah Sholat Dhuha Sesuai Sunnah, Arab, Latin, dan Artinya
Ilustrasi dzikir dan doa setelah sholat dhuha agar dimudahkan rezeki. (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNews.id - Dzikir dan doa setelah Sholat Dhuha sesuai sunnah merupakan amalan untuk dimudahkan rezeki dan memohon ampunan Allah.

Sholat dhuha memiliki nama lain, yaitu sholat Isyra atau sholat di waktu pagi. Waktu paling tepat untuk melaksanakan sholat dhuha adalah seperempat waktu siang pada pukul 08.00–09.00 pagi. Pengambilan waktu ketika seorang muslim sedang bekerja agar dia tidak lupa dengan Sang Pencipta.

Melansir dari Panduan Shalat Lengkap (Wajib dan Sunah) karangan Moh Hasan, sholat dhuha adalah sholat yang paling sedikit 2 rakaat dan paling banyak 12 rakaat yang dikerjakan pada pagi hari ketika matahari telah bercahaya terang setelah terbit. 

Sholat dhuha sebaiknya dikerjakan saat matahari mulai naik antara pukul 06.30 WIB sampai seperempat siang antara pukul 10.00 WIB. Sholat dhuha minimal dikerjakan 2 rakaat dan maksimal 12 rakaat.

Dalil dianjurkannya sholat dhuha yakni sabda Rasulullah SAW:

عن أبي هريرة رضي الله عنه قال: أوصاني خليلي صلى الله عليه وسلم بثلاث صيام ثلاثة أيام من كل شهر وركعتي الضحى وأن أوتر قبل أن أنام

Artinya: Dari Abu Hurairah RA. beliau berkata: Kekasihku Rasulullah SAW. mewasiatkan kepadaku dengan tiga perkara: Puasa tiga hari setiap bulan, dua rakaat shalat dhuha, dan shalat witir sebelum tidur.

Ustaz Muhammad Saiyid Mahadhir MA dalam bukunya Bolehkan Shalat Dhuha Berjamaah menjelaskan, hukum sholat dhuha yakni sunnah muakkadah atau sunnah yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan rutin. Hal ini setidaknya karena shalat ini sering dilakukan oleh Rasulullah SAW. 

Nabi SAW juga mewasiatkan kepada umatnya semua untuk merutinkan sholat dhuha karena banyak manfaatnya. Setelah melaksanakan sholat dhuha, muslim dianjurkan untuk memperbanyak dzikir dan berdoa. 

Dzikir dan Setelah Sholat Dhuha Sesuai Sunnah

رَبِّ اغْفِرْ لِي وَتُبْ عَلَيَّ إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ

Latin: Rabbighfirlii watub 'alayya innaka anta tawwabur rahiim

Artinya: Ya Allah Yaa Tuhanku, ampunilah aku dan terimalah tobatku karena sesungguhnya Engkau Maha Penerima Tobat dan Maha Penyayang.

Dzikir Setelah Sholat Dhuha Kedua

Arab: أَسْتَغْفِرُ اللهَ اْلعَظِيْمِ مِنْ كُلِّ ذَنْبِ اْلعَظِيْمِ لَايَغْفِرُالذُّ نُوْبَ اِلَّااَنْتَ فَاغْفِرْلَنَا مَغْفِرَتً مِنْ عِنْدِكَ وَارْحَمْنَااِنَّكَ اَنْتَ اْلغَفُوْرُالرَّحِيْ­م

Latin: Astaghfirullahal 'adhiim min kulli dzanbil 'adhiim, laa yaghfirudz dzunuuba illa anta faghfirlanaa maghfiratin min 'indika warhamnaa innaka antal ghafuurur rahiim. 

Artinya: Ya Allah Yang Maha Agung ampunilah aku dari segala dosa yang besar. Tidak ada yang akan mengampuni dari segala dosaku kecuali Engkau ( Allah ). Maka ampunilah aku dengan segala ”Maghfiroh-MU”. Dan kasihanilah aku, sesungguhNya Engkau Maha pengampun lagi Maha pengasih

Editor : Kastolani Marzuki

Follow Berita iNews di Google News