Merinding, 2 Juta Jemaah Haji Banjiri Arafah untuk Wukuf Lantunkan Kalimat Talbiyah

Anton Suhartono ยท Selasa, 27 Juni 2023 - 16:40 WIB
Merinding, 2 Juta Jemaah Haji Banjiri Arafah untuk Wukuf Lantunkan Kalimat Talbiyah
Sekitar 2 juta umat Islam dari seluruh dunia memulai puncak ibadah haji, Wukuf di Arafah (Foto: Reuters)

ARAFAH, iNews.id - Lebih dari 2 juta umat Islam dari seluruh dunia memulai puncak ibadah haji, Wukuf di Arafah, Selasa (27/6/2023). Wukuf dimulai dengan mendengarkan khotbah Arafah yang disampaikan anggota Dewan Cendekiawan Senior Arab Saudi, Yusuf bin Muhammad bin Saeed.

Khotbah disampaikan di Masjid Namira di Arafah yang isinya mirip dengan khotbah perpisahan Nabi Muhammad SAW saat melakukan haji pertama sekaligus terakhirnya.

Masjid Namira berdiri di lahan seluas 110.000 meter persegi serta memiliki halaman seluas 8.000 meter persegi.

Padang Arafah bak lautan putih sejak pagi hari. Sekitar 2 juta umat Islam, laki-laki dan perempuan memenuhi jalan, melantunkan kalimat talbiyah, "Labbaik Allahumma Labbaik ...", membuat suasana merinding. Ada yang datang dari Mina menggunakan bus, kereta, dan kendaraan pribadi sejak Selasa pagi. Sebagian jemaah sudah berangkat ke Arafah terlebih dulu dari Makkah sejak Senin kemarin.

Sementara itu otoritas Saudi mengerahkan segala sumber daya dan untuk melancarkan perpindahan jamaah dari Mina ke Arafah. Pasukan keamanan berjaga di sepanjang jalan yang dilalui jemaah. Tim medis dan relawan juga mendampingi jemaah memberikan bantuan medis dan air minum.

Sementara itu setelah menyampaikan khotbah, Syekh Yusuf memimpin Sholat Zuhur dan Ashar yang dijamak-qashar di Masjid Namira. Setelah itu jemaah menghabiskan waktu di Arafah, sebagian mendaki Jabal Rahmah, untuk berzikir dan berdoa. Prosesi Wukuf berakhir pada Magrib.


Editor : Anton Suhartono

Follow Berita iNews di Google News