Kemeriahan Ramadan Ala Grebek Kampung di Pelosok Halimun Cianjur Bikin Warga Bangga

Tim iNews.id · Kamis, 29 April 2021 - 21:09 WIB
Kemeriahan Ramadan Ala Grebek Kampung di Pelosok Halimun Cianjur Bikin Warga Bangga
Gerebek Kampung Ramadan yang digelar Dompet Dhuafa disambut antusias dan rasa bangga warga Kampung Halimun, Cianjur, Jawa Barat, Sabtu (24/4/2021).  (Foto: Dompet Dhuafa).

CIANJUR, iNews.id – Grebek Kampung Ramadan kembali bergulir. Tahun ini menyasar wilayah pelosok Jawa Barat,  tepatnya di Kampung Halimun, Desa Mekar Jaya, Cikalong Kulon, Cianjur, Sabtu (24/4/2021). 

Perjalanan dari Ibu Kota, Jakarta harus ditempuh dengan waktu 3 jam. Wilayah terpencil tersebut dikelilingi hutan dan infrakstruktur jalan yang belum memadai. Hal ini tentu berdampak pada fleksibilitas masyarakat Kampung Halimun dalam giat ekonominya. Kampung Halimun dihuni 47 Kepala Keluarga (KK), terpilih menjadi penerima manfaat program Grebek Kampung Ramadan Dompet Dhuafa.

“Grebek Kampung merupakan bentuk kegiatan di suatu kampung, dengan variasi program yang kita gelar, seperti Pesantren Kilat, Dongeng Ceria, buka bersama, pembagian sembako dan aktivitas lainnya,” kata Mustaki, perwakilan dari Lembaga Pelayan Masyarakat (LPM) Dompet Dhuafa. 

Gerebek Kampung Dompet Dhuafa di Cianjur

Dia menuturkan, Grebek Kampung Ramadan tahun ini memilih Kampung Halimun sebagai tempat kegiatan. Daerah ini termasuk terisolasi. Di Desa Mekar Jaya, kampung ini cukup besar dan mayoritas penduduknya muslim. 

Grebek Kampung sudah berjalan sejak Jumat (23/4/2021). Sahur bersama dan Pesantren kilat sebagai awalan acara dan hari ini dilanjutkan dengan pembagian zakat fitrah sebanyak 160 paket. 
 
“Luar biasa, masyarakat antusias dengan adanya Grebek Kampung. Mereka bersama-sama menyiapkan santap sahur dan berbuka, begitu pun dengan anak-anak yang antusias mengikuti kegiatan pesantren kilat hingga dongeng ceria,” kata Mustaki.

“Alhamdulillah-nya lagi, Dompet Dhuafa mendapat apresiasi dari tokoh masyarakat setempat dengan kegiatan ini. Selain di Kampung Halimun, Grebek Kampung selanjutnya akan bergulir di Kampung Nanggung, Bogor, Jawa Barat,” ucap Mustaki. menambahkan.
 
Hiruk pikuk masyarakat Kampung Halimun, dalam menyiapkan lebih dari 100 paket menu berbuka terselip dari para muda-mudi kampung. Mereka turut andil menjadi relawan di dapur. 

Aini (25), misalnya, dengan cekatan memotong wortel hingga buah-buahan untuk disajikan saat berbuka. Tidak hanya itu, Linda (26) yang kebetulan pulang kampung turut membantu kegiatan Grebek Kampung.

Editor : Zen Teguh

Follow Berita iNews di Google News