Hikmah

Kisah Imam at Tirmidzi Berkelana Mencari Ilmu hingga Jadi Ulama Hadits

Kastolani Marzuki ยท Minggu, 20 Februari 2022 - 14:46 WIB
Kisah Imam at Tirmidzi Berkelana Mencari Ilmu hingga Jadi Ulama Hadits
Kisah Imam at Tirmidzi berkelana mencari ilmu hingga menjadi ulama hadits yang mumpuni di zamannya. (Foto: ist)

JAKARTA, iNews.id - Kisah Imam at Tirmidzi berkelana mencari ilmu hingga menjadi ulama hadits yang mumpuni patut diteladani tiap Muslim. Sosok Imam at Tirmidzi merupakan salah satu periwayat dan ahli Hadis utama, selain Imam Bukhari, Imam Muslim, Imam Abu Daud, dan sederet nama lainnya. 

Kelahiran Imam at Tirmidzi

Imam at Tirmidzi dilahirkan pada tahun 209 H di kota Tirmidz, sebelah timur Uzbekistan. Imam Tirmidzi bernama lengkap Imam Al-Hafiz Abu Isa Muhammad bin Isa bin Saurah bin Musa bin Ad-Dahhak As-Sulami At-Tirmidzi. 

Berkelana Mencari Ilmu 

Imam at Tirmidzi, sosok penuh tawadhu’ dan ahli ibadah ini gemar berkelana mencari ilmu dan belajar hadits sejak usia 20 tahun. 

Tirmidzi sudah mengembara ke berbagai negeri, antara lain Hijaz, Irak, Khurasan, dan lain-lain. Dalam lawatannya itu, dia banyak mengunjungi ulama-ulama besar dan guru-guru Hadis untuk mendengar Hadits dan kemudian dihafal dan dicatatnya dengan baik. 

Imam at Tirmdizi dikaruniai oleh Allah kecerdasan yang luar biasa sehingga dengan mudah menyerap ilmu dari gurunya dan memiliki hafalan yang kuat. Sehingga, tidak heran banyak hadits yang dihafalkan kemudian ditulis dalam kitabnya.

Guru Imam at Tirmidzi

Di antara gurunya adalah; Imam Bukhari, Imam Muslim, dan Imam Abu Daud. Selai itu, ia juga belajar pada Imam Ishak bin Musa, Mahmud bin Gailan, Said bin Abdurrahman, Ali bin Hajar, Ahmad bin Muni’, dan lainnya.

Perjalanan panjang pengembaranya mencari ilmu, bertukar pikiran, dan mengumpulkan Hadis itu mengantarkan dirinya sebagai ulama Hadis yang sangat disegani kalangan ulama semasanya. Kendati demikian, takdir menggariskan lain. 

Musibah Kebutaan

Daya upaya mulianya itu pula yang pada akhir hidupnya mendapat musibah kebutaan, dan beberapa tahun lamanya ia hidup sebagai tuna netra. 


Editor : Kastolani Marzuki

Follow Berita iNews di Google News