Hikmah

Kisah Perang Badar yang Terjadi di Bulan Ramadhan

Kastolani Marzuki ยท Sabtu, 24 April 2021 - 15:30 WIB
Kisah Perang Badar yang Terjadi di Bulan Ramadhan
Sejarah Perang Badar yang terjadi pada 17 Ramadan. (Foto: istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Kisah Perang Badar terjadi pada 17 Ramadhan 2 Hijriah. Perang Badar terjadi pada hari Jumat. Hari itu merupakan hari pemisah antara kebenaran dan kebatilan.

Perang Badar adalah pertempuran besar pertama antara umat Islam melawan kaum kafir Quraisy. Meski jumlah umat Islam saat itu hanya ratusan tepatnya 300 pasukan, mereka berhasil memenangkan pertempuran tersebut.

Pada hari itulah Allah memenangkan Islam dan para pemeluknya, membungkam kemusyrikan dan menghancurkan semua sarana dan golongannya.

Badar adalah nama sebuah tempat yang terletak di antara Mekah dan Madinah, terkenal dengan sumurnya. Nama tempat (kampung) ini dikaitkan dengan nama seorang lelaki yang mula-mula menggali sumur tersebut, nama lelaki yang dimaksud adalah Badar ibnun Narain.

Asy-Syabi mengatakan bahwa Badar adalah nama sebuah sumur milik seorang lelaki yang dikenal dengan sebutan Badar.

Perang Badar juga disebut sebagai peristiwa besar karena  merupakan awal perhelatan senjata dalam kapasitas besar yang dilakukan antara pembela Islam dan musuh Islam. Saking hebatnya peristiwa ini, Allah namakan hari terjadinya peristiwa tersebut dengan Yaum Al Furqan (hari pembeda) karena pada waktu itu, Allah hendak membedakan antara yang haq dengan yang batil.

Di saat itulah Allah mengangkat derajat kebenaran dengan jumlah kekuatan yang terbatas dan merendahkan kebatilan meskipun jumlah kekuatannya tiga kali lipat.

Dalam peristiwa ini keimanan kaum muslimin betul-betul diuji. Dengan akidah yang kokoh tersebut merupakan modal untuk meraih kemenangan. Sehingga Allah menurunkan pertolongan yang besar bagi kaum muslimin dan memenangkan mereka di atas musuh-musuh Islam.

Padahal saat itu bilangan pasukan kaum muslim sedikit, mereka hanya terdiri atas 313 orang dua orang di antara mereka berkuda dan tujuh puluh orang berunta, sedangkan yang lainnya adalah pasukan jalan kaki. Mereka tidak memiliki semua senjata dan perlengkapan yang diperlukan.


Editor : Kastolani Marzuki

Follow Berita iNews di Google News