Kurang Rp3 Miliar, Ramadan Tahun Ini Masjid Pertama RI Berdiri di Kanada 

Faisal, Koresponden Koran SINDO · Minggu, 18 April 2021 - 22:53 WIB
Kurang Rp3 Miliar, Ramadan Tahun Ini Masjid Pertama RI Berdiri di Kanada 
Sejumlah masyarakat Indonesia mengunjungi gedung yang akan dijadikan Istiqlal Islamic Center of Toronto (IICT) di Georgetown, Ontario, Kanada, belum lama ini. (istimewa)

TORONTO, iNews.id - Masyarakat muslim Indonesia di Kanada tak lama lagi segera memiliki masjid dan gedung pusat keislaman yang juga tempat mengenalkan budaya Indonesia. 

Proses akuisisi gedung yang akan diberi nama Istiqlal Islamic Center of Toronto (IICT) itu sedang berlangsung dan rencananya direalisasikan Ramadan tahun ini.

Ketua Dewan IICT, Subhan Bushar mengatakan, proses akuisisi gedung bekas gereja itu sudah berjalan lebih dari sekitar 60 persen dan panitia sudah menerima donasi dari masyarakat muslim di Kanada dan Amerika Utara maupun Tanah Air sekitar Rp4 miliar. Adapun dana yang dibutuhkan lagi sekitar Rp3 miliar.

“Harga bangunan itu kalau dirupiahkan sekitar Rp7 miliar dan harus dibayarkan paling lama 29 April 2021 nanti, atau 17 Ramadan 1442 Hijriah. Kita berharap dukungan para donatur memaksimalkan keberkahan bulan suci Ramadan menyisihkan rezekinya untuk melengkapi kekurangan dana itu,” katanya di Toronto, Kanada, Minggu (18/4/2021).

Dukungan dari pemerintah Indonesia, terutama Presiden Joko Widodo juga sangat diharapkan di samping bank-bank syariah untuk mewujudkan masjid Indonesia pertama di Kanada itu. 

IICT nantinya akan menjadi salah satu ujung tombak mengenalkan syiar Islam Indonesia yang dikenal di seantero dunia sebagai umat yang menjunjung tinggi ketertiban, ramah dan gemar menolong. 

Di pusat keislaman ini juga akan dijadikan tempat pendidikan yang dilengkapi dengan perpustakaan, kegiatan pemberdayaan ekonomi umat, dan berbagai pelatihan. “Tentunya bahasa pengantarnya adalah Bahasa Indonesia agar anak-anak Indonesia di sini yang merupakan generasi kedua dan ketiga tetap fasih menggunakan bahasa ibunya,” kata dia. 


Editor : Kastolani Marzuki

Follow Berita iNews di Google News