5 Makanan Khas Aceh yang Wajib Dicoba, Ada Kuah Pliek U Bercita Rasa Unik

Vien Dimyati ยท Kamis, 14 Mei 2020 - 17:59 WIB
5 Makanan Khas Aceh yang Wajib Dicoba, Ada Kuah Pliek U Bercita Rasa Unik
Mencicipi makanan khas Aceh (Foto : Instagram @viena_) (iNews.id/esa putra tanjung)

JAKARTA, iNews.id - Makanan khas Aceh terkenal dengan bumbunya yang kuat dan lezat. Mulai dari mi, masakan daging, dan kue-kuenya memiliki kelezatan tersendiri.

Jika Anda sedang traveling ke Aceh, jangan lewatkan untuk menjajal setiap makanan khas Aceh yang lezat. Bahkan, beberapa di antaranya bisa dijadikan oleh-oleh.

Ingin tahu apa saja makanan khas Aceh yang terkenal lezat dan enak? Berikut ulasan rangkumannya, Kamis (14/5/2020).

Kuah Pliek U

Kuah Pliek U merupakan makanan khas Aceh yang berasal dari Aceh Barat. Kuah Pliek U juga termasuk dalam makanan yang cukup terkenal. Bahkan sampai ada yang mengatakan jika berkunjung ke Aceh, wajib mencicipi makanan satu ini. Makanan ini sangat terkenal serta bisa ditemukan di berbagai rumah makan yang ada di Aceh.

Kuah Pliek U ini diibaratkan seperti lambang kekerabatan serta keberagaman masyarakat yang ada di Aceh, kemudian disatukan dalam kuali sehingga akan menghasilkan cita rasa lezat nan unik. Pada satu hidangan kuah pliek U akan ditemukan beragam jenis sayuran yang ada di Aceh.

Kue Timphan

IG@dapurhanasa (iNews.id/esa putra tanjung)
IG@dapurhanasa (iNews.id/esa putra tanjung)

Kue yang satu ini bisa dijadikan oleh-oleh. Kue ini sudah terkenal sejak dahulu. Kue ini memiliki rasa manis dan legit. Dibuat menggunakan bahan utama olahan tepung ketan yang sudah diisi dengan nangka, pisang raja, selai, ubi hingga labu.

Isian tersebut kemudian dibalut dengan menggunakan tepung serta dibungkus dalam kulit daun pisang.

Sie Reuboh

IG@don_masak (iNews.id/esa putra tanjung)
IG@don_masak (iNews.id/esa putra tanjung)

Sie Reuboh merupakan warisan kuliner Aceh Besar. Sie Reuboh merupakan masakan yang terbuat dari daging sapi rebus ditambah dengan bumbu-bumbu khas Aceh yang dimasak dengan cuka. Cuka ini dibubuhkan agar daging bisa bertahan lama dan terasa lebih empuk.

Keumamah Ikan

Nama kuliner satu ini masih asing terdengar di telinga. Keumamah merupakan kuliner yang terbuat dari olahan ikan tuna yang sebelumnya direbus serta dikeringkan dan diiris.

Keumamah juga bisa dibawa pulang untuk oleh-oleh ketika sudah dikeringkan. Bahkan bisa bertahan dalam jangka waktu berminggu-minggu. Untuk menambah cita rasa, Keumamah ini dimasak bersama beberapa bumbu serta rempah, seperti santan kelapa, kentang dan cabai hijau.

Keukarah

IG@zent15 (iNews.id/esa putra tanjung)
IG@zent15 (iNews.id/esa putra tanjung)

Keukarah atau karah adalah penganan terbuat dari campuran tepung dan santan. Kue ini adalah salah satu jajanan khas Aceh yang mirip dengan serabut atau sarang burung. Rasanya renyah, manis, garing, dan rapuh. Penyajian kue ini sering dijumpai pada pesta pernikahan. Selain itu menjelang hari raya atau acara adat dan Kenduri Aceh.


Editor : Vien Dimyati