Masjid Jami Mungsolkanas, Jejak Syiar Islam di Kota Bandung 

Ervan David · Sabtu, 17 April 2021 - 15:57 WIB
Masjid Jami Mungsolkanas, Jejak Syiar Islam di Kota Bandung 
Menara Masjid Mungsolkanas menyembul berusaha tetap eksis di tengah gedung-gedung yang mengepung masjid tertua di Kota Bandung ini. (Foto: iNews/Ervan David)

BANDUNG, iNews.id - Jauh sebelum Masjid Raya Bandung, Jawa Barat berdiri, satu-satunya tempat ibadah bagi umat Islam di Bandung pada 1800-an, adalah Masjid Mungsolkanas, Jalan Cihampelas, Kota Bandung. Meski telah berusia 152 tahun, Masjid Mungsolkanas masih kokoh berdiri, digunakan untuk ibadah salat dan kegiatan keagamaan lainnya.

Kini, Masjid Mungsolkanas yang berada di kawasan padat penduduk, diapit permukiman, gedung-gedung apartemen, dan lainnya. Letaknya berada di tengah bangunan-bangunan itu. 

Meski begitu, suasana di masjid tertua di Kota Bandung masih terasa sejuk. Masuk ke dalam masjid saat tengah hari. Air yang keluar dari keran tempat wudu pun dingin, seperti air dari dalam kulkas.

Jejak syiar Islam di kota berjuluk Parijs van Java ini bisa ditelusuri dari masjid tertua di Kota Bandung ini. Betapa tidak, di Masjid Mungsolkanas inilah, KH Abdurrohim mengajarkan mengaji Alquran dan agama Islam kepada murid-muridnya. 


Editor : Agus Warsudi

Follow Berita iNews di Google News