Mengenal Monumen Tugu Santri Masjid Agung Karawang, Jadi Pusat Penyebaran Islam di Jabar

Nilakusuma ยท Minggu, 10 April 2022 - 15:11 WIB
Mengenal Monumen Tugu Santri Masjid Agung Karawang, Jadi Pusat Penyebaran Islam di Jabar
Monumen Tugu Santri di halaman Masjid Agung Karawang. (Foto: iNews.id/Nilakusuma)

KARAWANG, iNews.id - Berkunjung ke Masjid Agung, Karawang, pengunjung akan melihat Tugu Santri, yang berdiri tegak persis di depan halaman masjid. Keberadaan tugu santri ini dibuat untuk mengingatkan jika di Masjid Agung ini pernah berdiri madrasah atau pusat pendidikan Islam yang dibangun oleh Syeh Hasanudin atau lebih dikenal sebagai Syeh Quro.

Diketahui Syeh Quro merupakan ulama pertama menyebarkan Islam di Jawa Barat.

Tugu Santri baru didirikan tahun 2018 oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Pembangunan monumen Tugu Santri dipandang perlu kepada generasi muda tentang sejarah masuknya Islam di Jawa Barat. Masjid Agung Karawang menjadi pusat penyebaran Islam oleh Syeh Quro. 

"Syeh Quro mendirikan madrasah di Masjid Agung ini. Kemudian mulai menyebarkan Islam di Jawa Barat," kata Ketua DKM Masjid Agung, Acep Jamhuri, Minggu (10/4/2022).

Menurut Acep, jasa Syeh Quro dalam menyebarkan Islam cukup besar di Jawa Barat. Oleh karena itu, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyediakan anggaran untuk pembangunan monumen Tugu Santri di Masjid Agung. Alasannya, salah satu jejak peradaban Islam di Jawa Barat ada di Masjid Agung.

"Kami sudah menjelaskan semua tentang Masjid Agung yang menjadi tempat Syeh Quro mengembangkan Islam di Jawa Barat. Untuk mengenang itu semua, Pemprov Jabar menyediakan anggaran untuk membangun monumen Tugu Santri," katanya.


Editor : Asep Supiandi

Follow Berita iNews di Google News