Hikmah

Mukjizat Nabi Saleh As Dapat Mengeluarkan Unta Betina dari Dalam Batu Besar

Kastolani Marzuki · Senin, 14 Juni 2021 - 15:49 WIB
Mukjizat Nabi Saleh As Dapat Mengeluarkan Unta Betina dari Dalam Batu Besar
Salah satu Mukjizat Nabi Saleh yakni dapat mengeluarkan unta betina dari dalam batu besar. (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNews.id - Mukjizat Nabi Saleh 'alaihisalam yakni dapat mengeluarkan unta betina dari dalam batu besar atas izin Allah SWT.

Mukjizat tersebut sekaligus sebagai hujjah atau bukti kenabian Nabi Saleh alaihi salam yang diutus kepada kaum Tsamud yang menyembah berhala.

Mukjizat Nabi Saleh as lainnya yakni selamat dari upaya pembunuhan yang dilakukan para petinggi kaum Tsamud.

Mereka sangat getol menghalangi dakwah Nabi Saleh dan ingin menguasai unta betina yang telah diberikan kepada mereka.

Kisah Nabi Saleh mengeluarkan unta betina dari dalam batu besar itu diabadikan dalam Al Qur'an, Surat Al A'raf ayat 73. Allah SWT berfirman:

{قَدْ جَاءَتْكُمْ بَيِّنَةٌ مِنْ رَبِّكُمْ هَذِهِ نَاقَةُ اللَّهِ لَكُمْ آيَةً}

Sesungguhnya telah datang bukti yang nyata kepada kalian dari Tuhan kalian. Unta betina Allah ini menjadi tanda bagi kalian. (Al-A'raf: 73)

Ibnu Katsir menjelaskan maksud ayat tersebut adalah, telah datang hujah Allah kepada kalian yang membenarkan apa yang aku sampaikan kepada kalian. Sebelum itu mereka selalu meminta Suatu tanda dari Allah (mukjizat) kepada Nabi Saleh.

Mereka meminta agar Saleh mengeluarkan dari sebuah batu besar seekor unta untuk mereka yang hal itu disaksikan oleh mata kepala mereka sendiri. Batu besar itu memang lain dari yang lain, terdapat di suatu bagian dari daerah Al-Hajar; batu itu dinamakan Al-Katibah.

Mereka meminta kepada Nabi Saleh untuk mengeluarkan se­ekor unta betina yang unggul dari batu besar itu buat mereka. Maka Nabi Saleh membuat perjanjian dan ikrar terhadap mereka: Jika Allah mengabulkan permintaan mereka, maka mereka mau beriman kepada Nabi Saleh dan benar-benar akan mengikutinya.

Setelah mereka bersedia dan memberikan janji dan ikrar mereka kepadanya, maka Nabi Saleh a.s. bangkit menuju ke tempat salatnya dan berdoa memohon kepada Allah SWT, maka batu besar itu mendadak bergerak dan terbelah, kemudian keluarlah darinya seekor unta betina yang janinnya bergerak pada kedua sisi lambungnya (yakni sedang mengandung kembar), persis seperti apa yang mereka minta.

Pada saat itu juga berimanlah kepada Nabi Saleh pemimpin mereka (yaitu Junda: ibnu Amr) bersama para pengikutnya yang taat kepada perintahnya. Ketika orang-orang terhormat lainnya dari kalangan kabilah Samud hendak beriman, mereka dihalang-halangi oleh Zu-ab ibnu Amr ibnu Labid dan Al-Hubab, pengurus berhala mereka; juga dihalang-halangi oleh Rabab ibnu Sa'r ibnu Jahlas.


Editor : Kastolani Marzuki

Follow Berita iNews di Google News