Hikmah

Mukjizat Nabi Sulaiman, Berbicara dengan Semut hingga Terbang Bersama Angin

Kastolani Marzuki · Jumat, 18 Juni 2021 - 18:17 WIB
Mukjizat Nabi Sulaiman, Berbicara dengan Semut hingga Terbang Bersama Angin
Kompleks Baitul Maqdis di Palestina merupakan tempat kelahiran dan diutusnya para nabi. (Foto: AFP)

JAKARTA, iNews.id - Nabi Sulaiman alaihi salam (as) merupakan putra Nabi Daud as yang memiliki silsilah langsung dengan Nabi Ibrahim as. Nabi Sulaiman diberikan anugerah dan nikmat luar biasa dari makhluk lainnya. Beberapa mukjizat Nabi Sulaiman yang diberikan Allah SWT di antaranya memiliki kerajaan-kerajaan yang sempurna dan kekuasaan yang besar dan luas.

Hal ini disebutkan dalam Al Qur'an. Allah SWT berfirman:

{قَالَ رَبِّ اغْفِرْ لِي وَهَبْ لِي مُلْكًا لَا يَنْبَغِي لأحَدٍ مِنْ بَعْدِي إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ}

"Ia berkata, "Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh seorang jua pun sesudah-ku; sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pemberi.” (Shad: 35)

Sebagian ulama tafsir mengatakan Nabi Sulaiman as memohon kepada Allah suatu kerajaan yang tidak dimiliki oleh seorang manusia pun sesudahnya. 

Istana Nabi Sulaiman sangatlah megah, emas dan mutiara menghiasi tiap-tiap dinding kerajaanya yang dikerjakan oleh manusia, hewan, dan jin yang bekerja secara saling bahu-membahu. Jin tersebut bermacam-macam layaknya manusia ada yang ahli memahat, memotong, dan menghias ada juga yang dapat melunakan batu.

Hal ini disebutkan dalam Al Qur'an. Allah SWT berfirman:

يَعْمَلُوْنَ لَهٗ مَا يَشَاۤءُ مِنْ مَّحَارِيْبَ وَتَمَاثِيْلَ وَجِفَانٍ كَالْجَوَابِ وَقُدُوْرٍ رّٰسِيٰتٍۗ اِعْمَلُوْٓا اٰلَ دَاوٗدَ شُكْرًا ۗوَقَلِيْلٌ مِّنْ عِبَادِيَ الشَّكُوْرُ

"Para jin itu membuat untuk Sulaiman apa yang dikehendakinya dari gedung-gedung yang tinggi dan patung-patung, dan piring-piring yang (besarnya) seperti kolam dan periuk yang tetap (berada diatas tungku). Bekerjalah hai keluarga Daud untuk bersyukur (kepada Allah). Dan sedikit sekali dari hamba-hambaKu yang berterima kasih". (QS.Saba: 13). 


Editor : Kastolani Marzuki

Follow Berita iNews di Google News