Hikmah

Niat Puasa Arafah 9 Dzulhijjah Sebelum Idul Adha 2021, Simak 3 Keutamaan

Kastolani Marzuki · Sabtu, 17 Juli 2021 - 08:20 WIB
Niat Puasa Arafah 9 Dzulhijjah Sebelum Idul Adha 2021, Simak 3 Keutamaan
Ilustrasi niat puasa Arafah sebelum Idul Adha. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Niat Puasa Arafah perlu diketahui Muslim karena puasa sunnah ini memiliki banyak keutamaan di dalamnya. Puasa Arafah dilaksanakan sehari sebelum Idul Adha, tepatnya tanggal 9 Dzulhijjah sebelum Idul Adha 10 Dzulhijjah.

Tahun ini, puasa Arafah jatuh bertepatan pada hari Senin tanggal 19 Juli 2021.

Berikut bacaan Niat Puasa Arafah:

نويتُ صومَ عرفة سُنّةً لله تعالى

Nawaitu Shouma Arofah Sunnatan Lillahi Ta'aala

“Saya niat puasa Arafah, sunnah karena Allah ta’ala“.

Dalil puasa Arafah ini diungkapkan dalam sebuah hadits berikut ini.

Dari Abu Qatadah radhiallahu ‘anhu, bahwa Nabi صلى الله عليه وسلم bersabda, “…puasa hari arafah, saya berharap kepada Allah agar menjadikan puasa ini sebagai penebus (dosa) satu tahun sebelumnya dan satu tahun setelahnya..” (HR. Muslim).

Dalam riwayat lain disebutkan:

مَا مِنْ يَوْمٍ أَكْثَرَ مِنْ أَنْ يُعْتِقَ اللَّهُ فِيهِ مِنْ النَّارِ مِنْ يَوْمِ عَرَفَةَ

“Tidak ada hari yang lebih banyak Allah membebaskan dari api neraka dibanding hari Arafah.”

Adapun tata cara puasa Arafah yakni diawali dengan niat puasa di hari Arafah, disunnahkan makan sahur, menahan diri dari hal-hal yang membatalkan puasa, serta berbuka puasa dan menyegerakannya.

Wakil Katib Syuriah PPNU Jawa Barat, Dr KH Kurnali Sobandi dalam materi khutbah Idul Adha dikutip dari dakwahnu.id, menjelaskan ada tiga keistimewaan hari Arafah di antaranya adalah :

1. Hari Arafah Allah SWT paling banyak membebaskan manusia dari neraka. Ibunda kaum mukminin, Siti Aisyah Radhiyallahu anhuma meriwayatkan bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

مَا مِنْ يَوْمٍ أَكْثَرَ مِنْ أَنْ يُعْتِقَ اللَّهُ فِيهِ عَبْدًا مِنَ النَّارِ مِنْ يَوْمِ عَرَفَةَ، وَإِنَّهُ لَيَدْنُو ثُمَّ يُبَاهِى بِهِمُ الْمَلاَئِكَةَ فَيَقُولُ: مَا أَرَادَ هَؤُلاَءِ ؟

Artinya: “Tidak ada hari di mana Allâh membebaskan hamba dari neraka lebih banyak daripada hari Arafah, dan sungguh Dia mendekat lalu membanggakan mereka di depan para malaikat dan berkata: Apa yang mereka inginkan?” [HR. Muslim no. 1348].


Editor : Kastolani Marzuki

Follow Berita iNews di Google News