Kumpulan Pembukaan Pidato Islami Lengkap dengan Bahasa Arab, Cocok Buat Ceramah

Kastolani Marzuki · Rabu, 14 September 2022 - 17:08 WIB
Kumpulan Pembukaan Pidato Islami Lengkap dengan Bahasa Arab, Cocok Buat Ceramah
Pembukaan pidato Islami lengkap dengan bahasa Arab yang bisa dijadikan referensi. (Foto: ist)

JAKARTA, iNews.id - Pembukaan pidato Islami lengkap dengan bahasa Arab berikut ini bisa jadi referensi bagi yang akan berpidato di muka umum.

Pidato, khitobah atau retorika merupakan kemampuan berbicara atau berkomunikasi yang sangat mendasar yang dimiliki oleh manusia. 

Dilansir dari Buku Ajar Retorika (Unila), arti retorika atau pidato adalah seni mengafeksi (menarik minat) pihak lain dengan berbicara, dengan cara mengatur unsur-unsur pembicaraan begitu rupa untuk meraih respons pendengar.

Dalam berpidato, ada beberapa hal yang perlu diketahui di antaranya ragam bahasa, materi bahasa dan gaya bahasa. Dalam berpidato juga perlu memerhatikan audiens. Dalam istilah bahasa Arab yakni, khataban naasa 'alaa qadara 'uqulihim. Aartinya berbicaralah kepada orang sesuai kapasitasnya.

Pembukaan Pidato Islami

Pembukaan pidato Islami lazim diawali dengan mengucapkan salam yakni assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh. Setelah itu dilanjutkan dengan mengucapkan puji sukur kepada Allah dan salawat kepada Nabi Muhammad.

Berikut kumpulan pembukaan pidato islami lengkap dengan bahasa Arab 

1. Pembukaan pidato islami

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
إنَّ الْحَمْدَ ِلله نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِيْرُهُ وَنَعُوْذُ بِالله مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيٍّئاَتِ أَعْمَالِنَا مَنْ يَهْدِي اللهُ فَلَامُضِلَّ لَهْ، وَمَنْ يَضْلِلْ فَلَا هَادِيَ لَهْ، أَشْهَدُ اَنْ لَّا اِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهْ وَأَشْهَدُ أنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُه لَانَبِيَّ بَعْدَهْ. أما بعد.

Latin: Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh

Innalhamdalillaah nahmaduhu wa nasta'iinuhu wa nastaghfiiruhu wa na'uudzu billahi min syuruuri anfusinaa wa min sayyiati a'maalina man yahdillah falaa mudhillalah wa man yudhlil falaa haadiyalah. Asyhadu an laa ilaaha illallah wahdahu laa syariikalah wa asyhadu anna muhammadan 'abduhuu wa rasuuluhu laa nabiyya ba'dah, ammaa ba'du.

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Allah SWT atas nikmat iman dan Islam. Atas karunia-Nya juga, kita bisa berkumpul di tempat mulia ini.

Shalawat serta salam kita sanjungkan kepada Baginda Nabi Muhammad SAW yang telah membawa kita dari zaman kegelapan menuju zaman yang terang benderang dengan cahaya Islam.

2. Pembukaan Islami umum

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

اَلْحَمْدُ لِلّٰه، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ رَسُوْلِ اللهِ، وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ 
وَمَنْ وَالَاهُ، وَأَشْهَدُ أَنْ لَّا إِلهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ، لَا نَبِيَّ بَعْدَهُ،
أَمَّا بَعْدُ

Latin: Alhamdulillah washolatu wa salaamu 'alaa sayyidina muhammadin rasuulillahi wa 'alaa aalihi wa shahbihi waman waalah wa asyhadu an laa ilaaha illallah wahdahuu laa syariikalah wa asyhadu anna sayyidana muhammadan 'abduhu wa rasuuluhu laa nabiyya ba'dah. amma ba'du.

Alhamdulillah pada hari ini kita masih diberi kesempatan untuk bertatap muka dalam suasana yang penuh kebahagiaan. Salawat serta salam kita sanjungkan kepada baginda Nabi Muhammad SAW yang telah membawa kita dari zaman penuh kegelapan ke zaman yang terang benderang dengan percikan iman dan Islam. 


Editor : Kastolani Marzuki

Follow Berita iNews di Google News