Tausiah

Ramadan Usai, Mari Kita Sambut Idul Fitri

Dompet Dhuafa ยท Selasa, 11 Mei 2021 - 15:03 WIB
Ramadan Usai, Mari Kita Sambut Idul Fitri
Ustaz H Ahmad Fauzi Qasim. (Foto: Dompet Dhuafa).

Ustaz H Ahmad Fauzi Qasim
Sekretaris DPS Dompet Dhuafa

RAMADAN merupakan bulan memuliakan diri kita sebagai hamba Allah SWT. Ramadan diakhiri dengan momen Idul Fitri yang merupakan momen kembali kepada kesucian. Allah SWT sangat menganjurkan kita sebagai manusia yang penuh dengan dosa, kesalahan, dan keluputan untuk selalu menyegerakan meminta ampun kepada-Nya. 

Maka Ramadan, ketika kita memperbanyak amal ibadah dengan penuh keikhlasan, Allah akan menghapuskan dosa-dosa yang lalu. Dan Allah akan memberikan surga yang seluas bumi dan langit diperuntukkan oleh orang-orang yang muttaqin. Siapakah mereka? 

Pertama, orang-orang yang menafkahkan hartanya dalam keadaan sempit dan lapar. Maka ketika Ramadan itu harus memperbanyak zakat, infaq, dan shodaqoh. Ketika kita memberikan suatu kebaikan kepada orang lain, maka Allah SWT akan menggantikan kebaikan yang lebih kepada kita. 

Baca Juga

Ketika kita mendoakan kebaikan untuk orang lain, hakikatnya doa yang kita panjatkan akan kembali kepada diri kita. Jadi tidak lah merugi ketika orang-orang yang gemar menafkahkan hartanya baik dalam waktu lapang maupun sempit.

Kedua, orang yang menahan amarah. Momentum Ramadan adalah momentum untuk menahan hawa nafsu. Jadi tidak hanya menahan lapar dan haus, akan tetapi menahan hawa nafsu ketika kita kecewa atau merasa terluka dengan orang lain. Maka amarah, benci, dan dengki harus kita tahan. Inilah orang-orang yang akan mendapatkan derajat takwa di mata Allah SWT.

Editor : Zen Teguh

Follow Berita iNews di Google News