Sejarah Singkat Ibadah Haji

Kastolani Marzuki · Sabtu, 25 Juli 2020 - 05:30 WIB
Sejarah Singkat Ibadah Haji
Umat Islam menjalankan ibadah haji di Mekkah. (Foto: AFP)

JAKARTA, iNews.id - Bulan Dzulhijjah disebut juga bulan haji. Sebab, di bulan istimewa ini Muslim di seluruh dunia berkumpul di Mekkah untuk menunaikan rukun Islam kelima.

Ibadah haji ini sudah ada sebelum diutusnya Nabi Muhammad SAW. Dalam Alquran tidak disebutkan kapan ibadah haji pertama kali dilakukan manusia.

Namun, dalam Surat Al Maidah ayat 27 menganai kisah Qabil dan Habil disebutkan saat itu Nabi Adam AS pergi meninggalkan kedua anaknya ke Mekah untuk ziarah dan melihat Mekah. Allah Swt, berfirman, "Tahukah kamu bahwa Aku mempunyai sebuah rumah di bumi ini?" Adam menjawab, "Ya Allah, saya tidak tahu."

Allah Swt berfirman, "Sesungguhnya Aku mempunyai sebuah rumah di Mekah, maka datangilah."

Imam Baihaqi di dalam kitabnya yang berjudul Dalailun Nubuwwah mengenai pembangunan Kabah yang ia ketengahkan melalui jalur Ibnu Luhaiah, dari Yazid ibnu Habib, dari Abul Khair, dari Abdullah ibnu Amr ibnul As secara marfu yaitu: Allah mengutus Jibril kepada Adam dan Hawa, membawa perintah kepada keduanya agar keduanya membangun Kabah.

Maka Adam membangunnya, kemudian Allah memerintahkan kepadanya untuk melakukan tawaf di sekeliling Kabah. Dikatakan kepadanya, "Engkau adalah manusia pertama (yang beribadah di Baitullah), dan ini merupakan Baitullah yang mula-mula dibangun untuk tempat beribadah manusia."

Namun hadis ini merupakan salah satu dari mufradat (hadis yang hanya diriwayatkan oleh satu orang) Ibnu Luhaiah, sedangkan Ibnu Luhaiah orangnya dinilai daif.


Editor : Kastolani Marzuki

Follow Berita iNews di Google News