Cara Membuat Sup Buntut Goreng, Bumbu Meresap dan Empuk

Vien Dimyati ยท Senin, 12 Juli 2021 - 11:58 WIB
Cara Membuat Sup Buntut Goreng, Bumbu Meresap dan Empuk
Mencicipi sup buntut goreng (Foto: Instagram@jessy.recipes)

JAKARTA, iNews.id - Sup buntut merupakan salah satu menu spesial yang bisa dimasak kapan saja. Sesuai dengan namanya, hidangan ini terbuat dari daging sapi bagian buntut. Kemudian dimasak dengan kuah kaldu yang menggugah selera.

Ada banyak macam sup buntut yang bisa Anda masak. Mulai dari sup buntut goreng dan bakar. Masing-masing memiliki kelezatan berbeda. Sup buntut juga sehat dan segar, karena dimasak dengan wortel dan kentang.

Jika ingin mencicipi sup buntut yang lebih simpel, Anda bisa membuat sup buntut goreng. Anda juga bisa memasak menggunakan beberapa bahan-bahan dan rempah untuk membuat sup buntut goreng. 

Tujuannya agar daging buntut terasa lebih empuk dan bumbunya meresap. Kali ini, jika tertarik mencicipi sup buntut goreng, Anda bisa membuat di rumah. Berikut ulasan resepnya dirangkum melalui Instagram @jessy.recipes, Senin (12/7/2021).

Bahan utama:

1 1/2 kg buntut sapi
2 liter air
Biji pala parut secukupnya
6 butir cengkeh
2 cm batang kayu manis
3 bunga pekak
Sejumput jinten bubuk

Isian sup:

3 kentang sedang
1 wortel sedang
2 tomat merah
2 helai daun bawang
1 helai daun seledri
5 butir kapulaga

Bumbu halus:

1 bawang bombai besar iris-iris
8 siung bawang putih

Olesan daging:

Kecap manis secukupnya
Kecap asin secukupnya
Garam lada secukupnya
Biji pala secukupnya
Ketumbar bubuk sangrai secukupnya

Pelengkap:

Sambal, emping, jeruk nipis dan bawang merah goreng

Cara pembuatan:

1. Cuci bersih buntut sapi lalu rebus sebentar dengan air mendidih, masukkan buntut dan daging-daging. Rebus sampai mendidih, angkat tiriskan.
2. Panaskan presto, beri air, garam, bawang putih iris, cengkeh, biji pala selama kurang lebih 30 menit. Untuk iganya selama satu 1 jam dari air mendidih. Setelah matang, pisahkan daging dari kuah rebusan. Jangan dibuang rebusan dagingnya, dipakai lagi untuk kuah pendampingnya.
3. Tumis bawang putih yang diblender dulu.  Kira-kira bawang sudah mulai kekuningan masukan bawang bombai. Aduk sampai wangi dan matang coklat. Masukkan ke kuah sup.
4. Siapkan di piring bumbu olesan daging, aduk jadi satu, lalu oleskan ke daging yang udah direbus tadi. Diamkan kurang lebih 2 jam biar meresap.
5. Siapkan kentang, wortel, tomat. Potong-potong sesuai selera. Rebus kentang dan wortel sebentar di panci terpisah dengan air putih biasa. Lalu setelah setengah empuk, boleh dipindah ke kuah rebusan daging. Jangan lupa masukkan tomat, daun bawang, sedikit daun seledri dan bawang goreng. Masukkan bumbu serta bawang yang tadi digoreng. Lalu cicipi rasa. Sisihkan.
6. Setelah 2 jam, panaskan minyak banyak, masukkan daging lalu tunggu sebentar sampai berubah warna lalu balik. Setelah berubah warna lebih pekat langsung diangkat. Goreng sebentar agar daging tidak keras.


Editor : Vien Dimyati

Follow Berita iNews di Google News