Cara Membuat Tempe Bacem yang Enak dan Gurih, Intip Resepnya!

Melati Pratiwi · Selasa, 08 November 2022 - 17:13 WIB
Cara Membuat Tempe Bacem yang Enak dan Gurih, Intip Resepnya!
Cara Membuat Tempe Bacem yang Enak dan Gurih (Foto: Instagram@duniakulinersurabaya)

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak cara membuat tempe bacem yang enak dan gurih. Bahan-bahan yang diperlukan pun mudah ditemukan di pasar.

Untuk ibu rumah tangga maupun pemilik warung makan rasanya wajib mencatat resep tempe bacem berikut ini. Dijamin, cita rasa enak dan gurih bakal disukai oleh lidah semua kalangan!

Sebelum membuat tempe bacem, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu jika bacem atau baceman merupakan makanan khas yang populer dari Jawa Tengah atau Daerah Istimewa Yogyakarta.

Ciri khas dari tempe bacem adalah memiliki warna agak gelap, rasanya manis dan ada rasa gula merah. Tidak hanya tempe, bumbu bacem juga lezat jika dibuat dengan tahu, telur, atau ayam. Rasanya dijamin enak dan bikin nagih.

Kali ini, jika Anda ingin mencicipi tempe bacem, bisa simak resep rahasianya. Berikut adalah cara membuat tempe bacem yang enak dan gurih. Dirangkum pada Selasa (8/11/2022).

Bahan:

1 papan tempe, potong-potong sesuai selera
1 sdm gula merah
1 sdm air asam Jawa
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, digeprek
Kecap manis secukupnya
Air secukupnya
Garam secukupnya
Minyak goreng secukupnya

Bumbu Halus:

5 bawang merah
4 siung bawang putih
2 butir kemiri (disangrai terlebih dahulu)
1 sdt ketumbar

Cara Memasak Tempe Bacem:

1. Langka pertama dalam membuat tempe bacem yang enak dan gurih adalah dengan menumis bumbu halus hingga harum. Masukkan air secukupnya, lalu tuang air asam Jawa beserta gula merah, kecap manis, dan garam sesuai selera. Aduk kembali bumbu sampai mendidih.
2. Tuang potongan tempe, setelah itu tambahkan lengkuas dan juga daun salam. Masak tempe di atas api kecil, biarkan sampai bumbu meresap. Jika sudah meresap dan air semakin surut, angkat dan tiriskan tempe.
3. Siapkan minyak di wajan untuk menggoreng tempe. Goreng tempe hingga kecoklatan. Bila sudah matang, tempe bacem yang enak dan gurih siap disantap.


Editor : Vien Dimyati

Follow Berita iNews di Google News