Cara Mengolah Otak Sapi Menjadi Masakan Enak, Dibuat Gulai Bikin Nagih!

Vien Dimyati · Selasa, 06 Februari 2024 - 10:26 WIB
Cara Mengolah Otak Sapi Menjadi Masakan Enak, Dibuat Gulai Bikin Nagih!
Cara mengolah otak sapi yang enak (Foto: Pinterest)

JAKARTA, iNews.id - Cara mengolah otak sapi menjadi masakan enak sebenarnya tidak terlalu sulit. Sesuai dengan namanya, bahan utama ini merupakan organ yang berada di dalam kepala sapi.

Memang tidak semua orang menyukai bagian ini, biasanya mereka lebih senang menyantap daging sapi. Namun, kali ini Anda bisa membuat otak sapi dengan resep yang sederhana.

Sebelum memasak otak sapi, ada baiknya Anda mengetahui cara mengolah otak sapi yang benar. Untuk mengolah agar tidak amis dan tidak cepat hancur, ada beberapa tips yang bisa diikuti. Berikut ulasannya dirangkum pada Selasa (6/2/2024).

Cara Mengolah Otak Sapi

1. Mengolah otak sapi agar tidak amis

Rendam otak sapi dengan air dingin selama 1 - 2 jam sebelum dimasak. Pisahkan lobus dan korteks sentral putih di tengah otak. Kemudian, rebus otak dengan air dan garam yang sudah didihkan selama 3-5 menit. Keringkan otak sapi sebelum digoreng atau dicampur dengan bahan lain.

2. Memilih otak sapi yang baik

Untuk memilih otak sapi yang berkualitas, yang bisa dilihat adalah dari warna, aroma, dan tekstur. Pilih otak yang berwarna merah muda, tidak berbau busuk, dan tidak lembek. Cek kebersihannya yang bisa dilihat dari ada kotoran atau darah yang menempel pada otak. Pilih otak yang sudah dibersihkan dari kotoran dan darah. 

3. Membersihkan otak sapi

Rendam otak sapi di dalam air es campur cuka untuk menghilangkan selaput tipis yang melapisi otak. Bilas otak sapi di bawah air mengalir dan singkirkan sisa-sisa kulit atau rambut sapi dari otak menggunakan tangan. Rebus otak sapi dengan air dan garam yang sudah didihkan selama 3-5 menit.

4. Resep membuat gulai otak sapi

Bahan:

300 gr otak sapi
250 ml santan kental
Sereh geprek
Lengkuas geprek
2 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk

Bumbu Halus:

5 butir bawang merah
3 butir bawang putih
7 cabai merah
1 ruas kunyit
5 cabai rawit Jawa ukuran besar
1 ruas jahe
3 butir kemiri
1/2 sdt lada bulat
1/2 sdt ketumbar bulat

Cara Membuat:

1. Otak sapi di Cuci bersih dengan air mengalir, kemudian dikukus kurang lebih 15-20 menit. Siapkan bahan-bahan yang dihaluskan dan digeprek.

2. Chopper bumbu halus dengan sedikit minyak dan air. Kemudian, tumis bumbu halus, masukkan lengkuas dan sereh yang digeprek serta daun salam dan daun jeruk. 

3. Tumis sampai harum. Otak sapi dipotong sesuai selera, setelah tumisan bumbu harum, masukkan santan, aduk rata agar santan tidak pecah, lalu masukkan otak sapi. Setelah mendidih, masukkan garam, gula serta kaldu jamur. Aduk sampai rata dan matang. Koreksi rasa. Gulai otak sapi siap dihidangkan.

Itulah cara mengolah otak sapi menjadi masakan enak. Cara buatnya mudah dan menggugah selera. Selamat mencoba!


Editor : Vien Dimyati

Follow Berita iNews di Google News