Jemaah Membeludak, Atap Masjid Nabawi Dibuka Tampung 90.000 Jemaah per Hari Selama Ramadhan

Anton Suhartono ยท Kamis, 28 Maret 2024 - 14:07 WIB
Jemaah Membeludak, Atap Masjid Nabawi Dibuka Tampung 90.000 Jemaah per Hari Selama Ramadhan
Otoritas Arab Saudi bersiap membuka atap Masjid Nabawi untuk jemaah yang bisa menampung sekitar 90.000 orang per hari selama Ramadhan (Foto: Okezone)

MADINAH, iNews.id - Otoritas Umum untuk Perawatan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi bersiap untuk membuka atap Masjid Nabawi di Madinah. Tempat tersebut bisa menampung sekitar 90.000 jemaah setiap hari selama Ramadhan.

Dengan luas sekitar 67.000 meter persegi, atap masjid menyediakan ruang yang nyaman untuk beribadah karena hening. Untuk menjangkaunya bisa diakses melalui 24 tangga yang terletak di dekat pintu masuk masjid.

Untuk memperlancar pergerakan sebelum dan sesudah salat, enam eskalator juga dioperasikan untuk mengurangi kemacetan pada jam sibuk.

Saat ini dilakukan pekerjaan persiapan oleh staf Otoritas Umum melibatkan badan amal serta sukarelawan.

Persiapan yang dilakukan antara lain pembersihan dan sterilisasi lantai masjid, pengasapan, penataan 5.000 sajadah, serta penataan tempat untuk berbuka puasa.

Masjid Nabawi juga menyediakan makanan, air Zamzam, dan lebih dari 20.000 eksemplar Alquran bagi jemaah. Selain itu otoritas menyediakan penceramah yang memberikan tausiyah yang bertugas menjelang buka puasa.

Sementara itu pencahayaan atap bercirikan warna kuning menghadirkan suasana unik yang dikombinasikan dengan cahaya lampu putih yang menghiasi halaman luar masjid.


Editor : Anton Suhartono

Follow Berita iNews di Google News