Merinding! 2,5 Juta Jemaah Ikuti Shalat Tarawih Khataman Alquran di Masjidil Haram

Anton Suhartono ยท Selasa, 09 April 2024 - 06:42 WIB
Merinding! 2,5 Juta Jemaah Ikuti Shalat Tarawih Khataman Alquran di Masjidil Haram
Sebanyak 2,5 juta lebih jemaah mengikuti khataman Alquran dalam Shalat Tarawih di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi, pada malam ke-29 Ramadhan 1445 H (Foto: SPA via Reuters)

RIYADH, iNews.id - Sebanyak 2,5 juta lebih jemaah mengikuti Shalat Tarawih khataman Alquran dalam di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi, Minggu (7/4/2024) malam. Seperti diketahui, Shalat Tarawih di Masjidil Haram dilakukan dengan menamatkan 1 juz Alquran setiap malam sehingga pada akhir Ramadhan bisa tamat atau khatam.

Khataman Alquran di Masjidil Haram dilakukan pada malam ke-29 Ramadhan yang jatuh pada Minggu lalu. Arab Saudi serta negara-negara Arab lainnya memulai puasa Ramadhan 1445 H sehari lebih awal daripada Indonesia.

Kantor berita Saudi Press Agency (SPA) melaporkan, sejak Minggu dini hari Masjidil Haram sudah terisi penuh oleh jemaah yang tak ingin melewatkan momentum khataman. Umat Islam didominasi oleh jemaah umrah yang terus berdatangan di Makkah.

Khataman Alquran dipimpin langsung oleh Kepala Kepresidenan Urusan Dua Masjid Suci, Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, Syeikh Abdurrahman Al Sudais. Momen yang paling dinantikan dari khataman Alquran dalam Shalat Tarawih tersebut adalah doa yang dibawakan imam saat qunud di Shalat Witir.

Syeikh Sudais memohon ampunan kepada Allah SWT serta keselamatan bagi seluruh umat Islam.

Bukan hanya Masjidil Haram, Masjid Nabawi di Madinah juga disesaki dengan jutaan jemaah saat khataman Alquran pada Minggu malam.

Imam Masjid Nabawi, Syeikh Salah Al Budair, memimpin Shalat Tarawih dan Witir.

Kepresidenan Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi berkoordinasi dengan instansi terkait lainnya melaksanakan segala pengaturan yang diperlukan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan para jemaah.


Editor : Anton Suhartono

Follow Berita iNews di Google News