Penuhi Asupan Cairan Selama Bulan Puasa dengan Buah Berkadar Air Tinggi

Leonardus Selwyn ยท Selasa, 13 April 2021 - 22:08 WIB
Penuhi Asupan Cairan Selama Bulan Puasa dengan Buah Berkadar Air Tinggi
Buah-buahan yang mengandung banyak air. (Foto: healthline)

JAKARTA, iNews.id - Penduduk muslim di dunia sudah mulai melaksanakan ibadah puasa Ramadan. Sama seperti tahun sebelumnya, ibadah puasa kali ini masih dalam masa pandemi Covid-19. 

Oleh karenanya seseorang harus lebih memperhatikan lagi kondisi fisiknya agar tidak jatuh sakit saat menjalankan ibadah puasa. 

Salah satu hal penting untuk dilakukan adalah memastikan tubuh agar tidak dehidrasi

Sebab sebagian besar bagian tubuh manusia terdiri dari air. Sementara sistem tubuh manusia membutuhkan banyak air agar dapat berfungsi dengan baik. 

Selama bulan Ramadan jumlah asupan cairan Anda mungkin akan terbatas akibat menjalankan ibadah puasa. Namun selain air, ada cara lain yang bisa dilakukan untuk memenuhi kadar air dalam tubuh setiap hari. 

Merangkum dari laman Instagram resmi Bidang Koordinasi Relawan @satgas.relawan, Selasa (13/4/2021), salah satu cara memenuhi asupan air dalam tubuh adalah mengonsumsi aneka buah yang mengandung kadar air tinggi.

Selain bermanfaat untuk memenuhi asupan cairan dalam tubuh, buah-buahan ini memiliki rasa yang enak dan menyegarkan. 

“Penuhi cairan tubuh, berikut buah dengan kadar air tinggi, diantaranya semangka, strawberry, blewah, jeruk, dan mentimun,” tulis unggahan tersebut. 

Terpenuhinya asupan cairan yang cukup, seseorang bisa menjalani ibadah puasa dengan lancar tanpa takut sakit. Selain itu masyarakat juga diimbau untuk tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan 3M selama menjalankan puasa.

Di antaranya adalah mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau hand sanitizer, menjaga jarak, dan selalu menggunakan masker. 


Editor : Dyah Ayu Pamela

Follow Berita iNews di Google News