Resep Cromboloni Goreng, Dimasak Tanpa Oven Tekstur Kriuk Tahan Lama 

Vien Dimyati · Jumat, 02 Februari 2024 - 16:29 WIB
Resep Cromboloni Goreng, Dimasak Tanpa Oven Tekstur Kriuk Tahan Lama 
Resep Cromboloni Goreng (Foto: YouTube)

JAKARTA, iNews.id -Resep cromboloni goreng sangat mudah dikreasikan dengan berbagai toping lezat. Cromboloni merupakan varian pastry yang terbuat dari perpaduan croissant dan bomboloni

Pastry asal Prancis ini pernah viral di kalangan pencinta kuliner. Viral-nya dessert satu ini pun tak hanya karena bentuknya yang unik, tapi juga rasa yang manis. Biasanya, cromboloni diisi dengan filling berbagai rasa seperti cokelat, vanila, stroberi hingga green tea.

Cara masak cromboloni pun biasanya menggunakan oven. Namun, kali ini Anda bisa berkreasi membuat cromboloni ekonomis dengan cara digoreng. Rasanya tidak kalah lezat dari yang dioven. Bahkan, cromboloni goreng ini bisa dijadikan ide jualan. 

Kali ini, jika penasaran ingin mencicipi di rumah, Anda bisa membuat dengan resep pilihan sederhana. Berikut ulasannya dirangkum pada Jumat (2/2/2024).

Resep Cromboloni Goreng

Bahan adonan A

120 gr margarin putih atau margarine biasa, sesuai selera
200 gr tepung terigu protein sedang atau tepung terigu curah
1 sdm minyak goreng
1/4 sdt garam halus

Bahan adonan B

270 gr (200 gr tepung protein tinggi dan 70 gr terigu protein sedang)
30 gr tepung maizena, jika diskip maka takaran terigu ditambah jadi 300 gr
1 sdm gula pasir
4 gr ragi instan
1 sdt pasta vanilla, opsional
1/4 sdt garam halus
165 ml larutan susu UHT (80 ml susu UHT + air hingga volume 165 ml) atau bisa diganti dengan air putih sesuai selera
30 gr margarin atau mentega

Filling:

1. Secukupnya Selai coklat atau meses coklat untuk filling awal (Yang dimasukkan ketika dicetak).
2. Selai coklat atau coklat filling atau glaze coklat untuk isian setelah digoreng.
3. Tips: Untuk hasil yang lebih lumer, campurkan selai coklat atau coklat filling atau glaze coklat dengan sedikit minyak goreng, aduk rata hingga tekstur sedikit agak encer, sehingga selai, filling atau glaze-nya tidak terlalu manis dan lumer menggoda.

Cara membuat:

1. Adonan A diaduk hingga kalis. Kemudian bungkus dengan plastik wrap membentuk bulat. Diamkan selama 20 menit di suhu ruang.
2. Adonan B diaduk hingga kalis. Kemudian bungkus dengan plastik wrap membentuk bulat. Diamkan selama 20 menit di suhu ruang. 
3. Setelah itu, dua adonan A dan B dibentuk memanjang dan dipotong menjadi 6 bagian.  4. Kemudian adonan B digilas menjadi bentuk persen dan tipis, jangan lupa alasi plastik agar lengket. Setelah adonan tipis, taruh adonan A di atasnya. Kemudian gilas kembali. Setelah itu, bungkus/tutup adonan A dengan adonan B. Kembali pipihkan memanjang. Kemudian adonan digulung. Dan dipotong menjadi 3 bagian.
5. Ambil satu bagian, isi dengan topping coklat. Lakukan sisanya sampai habis. Kemudian cromboloni siap untuk digoreng hingga kecoklatan. 

Itulah resep cromboloni goreng yang mudah dibuat dan ekonomi. Selamat mencoba.


Editor : Vien Dimyati

Follow Berita iNews di Google News