Resep Soto Ayam Bening, Kuah Kaldunya Gurih Bikin Nagih

Vien Dimyati ยท Rabu, 07 Juli 2021 - 11:30 WIB
Resep Soto Ayam Bening, Kuah Kaldunya Gurih Bikin Nagih
Mencicipi Soto Ayam Bening (Foto: Instagram@yulianaa_nugraha)

JAKARTA, iNews.id - Soto ayam merupakan salah satu makanan berkuah yang digemari banyak orang. Biasanya, soto memiliki kuah kaldu yang gurih dengan suwiran ayam, potongan telur rebus, serta soun.

Paling enak menyantap menu ini saat cuaca dingin. Menyantap soto hangat dengan nasi putih, kerupuk, dan sambal, terasa menggugah selera.

Ada banyak jenis soto ayam yang ada di berbagai daerah. Mulai soto ayam Lamongan, soto ayam Madura, soto ayam Kudus, dan masih banyak lagi. Anda juga bisa membuat soto ayam bening.

"Soto ayam bening (tanpa santan). Soto salah satu masakan yang lumayan sering saya bikin, karena nabati-hewani ketemu jadi satu dlm sayur. Praktis jadinya, ga bikin lauk lain lagi pun ga masalah krn dah kumplit ada lauk & sayuran," tulis Instagram @yulianaa_nugraha.

Kali ini jika tertarik membuat soto ayam bening, Anda bisa membuat di rumah. Bahan yang digunakan mudah didapat. Ingin tahu resep lengkap dan cara membuat soto ayam bening? Berikut ulasan resepnya dirangkum melalui Instagram@yulianaa_nugraha, Rabu (7/7/2021).

Bahan:

1/2 kg ayam (bisa pakai bagian dada dan sayap)
Air secukupnya untuk membuat kuah soto
Minyak goreng secukupnya untuk menumis bumbu

Bahan Pelengkap:

Bawang putih goreng
Bawang merah goreng
Jeruk nipis
Tomat, potong dadu
Daun bawang, iris tipis
Kol, iris tipis (bisa diganti dengan taoge)
Bihun rebus
Kerupuk/emping goreng

Bumbu Halus:

8 siung bawang merah
5 siung bawang putih
1 ruas kunyit
2 ruas jahe
1/2 sdt ketumbar
1/4 sdt merica
Bumbu tambahan (1 batang sereh geprek, 2 lembar daun salam, 5 lembar daun jeruk)

Cara Membuat:

1. Tumis sampai matang bumbu halus dengan sereh, daun salam dan daun jeruk. Beri secukupnya air, didihkan. Masukkan ayam yang sudah dibersihkan, beri garam, gula pasir & kaldu bubuk, rebus sampai ayam matang & keluar kaldu nya. Angkat ayam, sisihkan.
2. Lanjutkan proses membuat kuah soto. Koreksi rasa air rebusan ayam tersebut, lalu beri bawang merah goreng & bawang putih goreng yang diremas supaya aromanya keluar.
3. Goreng ayam, tunggu dingin lalu suwir-suwir.

Penyelesaian:

Tata dalam mangkuk. Bihun rebus, beri irisan kol/taoge, potongan tomat, daun bawang, ayam suwir, bawang merah goreng, siram dengan kuah soto, beri perasan jeruk nipis dan sambal kalau suka.


Editor : Vien Dimyati

Follow Berita iNews di Google News