7 Syarat Wajib Puasa Ramadhan agar Sah, Muslim Wajib Tahu!

Puti Aini Yasmin · Senin, 20 Maret 2023 - 11:14 WIB
7 Syarat Wajib Puasa Ramadhan agar Sah, Muslim Wajib Tahu!
Syarat wajib puasa Ramadhan (freepik)

JAKARTA, iNews.id - Syarat wajib puasa Ramadhan wajib diketahui umat Muslim. Menjelang bulan puasa yang tinggal menghitung hari, berikut 7 syarat sah puasa untuk diketahui.

Melansir buku 'Puasa, Syarat, Rukun dan Yang Membatalkan' karya Ahmad Sarwat, syarat puasa terbagi menjadi dua macam, yakni syarat wajib puasa dan syarat sah puasa. Berikut selengkapnya.

Syarat Wajib Puasa

  • 1. Beragama Islam

Setiap umat Islam diwajibkan berpuasa Ramadhan. Sedangkan, mereka yang tidak beragama Islam tidak diwajibkan untuk berpuasa.

  • 2. Baligh

Kemudian, setiap seseorang yang telah baligh diwajibkan melaksanakan puasa Ramadhan. Tidak ada kewajiban puasa untuk anak kecil, namun orang tua bisa melatihnya ketika anak sudah berusia 7 tahun.

  • 3. Berakal

Syarat wajib puasa selanjutnya adalah berakal.  Berdasarkan ijma' ulama, orang gila adalah orang yang tidak berakal sehingga tidak diwajibkan melaksanakan puasa.

  • 4. Sehat

Orang yang sakit tidak diwajibkan melaksanakan puasa Ramadhan. Namun, jika sudah sehat di waktu lain, ia wajib mengganti utang puasanya. Sesuai dalam firman Allah SWT dalam Alquran surat Al-Baqarah ayat 185

"Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan, maka (wajib menggantinya) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain."

  • 5. Mampu

Allah mewajibkan umat Islam yang mampu untuk melaksanakan puasa Ramadhan. Sedangkan, orang yang lemah secara fisik atau sudah jompo tidak mungkin melakukan puasa. 

Dalam Alquran surat Al-Baqarah, ayat 184, Allah SWT berfirman

"Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankan membayar fidyah, yaitu memberi makan seorang miskin."

  • 6.Tidak dalam Perjalanan

Orang yang sedang dalam perjalanan tidak wajib puasa. Namun, mereka diwajibkan untuk mengqadha puasanya di hari lain, seperti dalam Alquran surat Al-Baqarah ayat 185,

"Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan, maka (wajib menggantinya) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain."

  • 7. Suci dari Haid dan Nifas

Syarat wajib puasa terakhir adalah suci dari haid dan nifas bagi para wanita. Bagi yang tetap melaksanakan puasa, maka hukumnya menjadi haram.


Editor : Puti Aini Yasmin

Follow Berita iNews di Google News