Syeikh Sudais Sentil Jemaah Umrah yang Sering Selfie di Masjidil Haram: Hormati Tempat Suci!

Anton Suhartono ยท Selasa, 26 Maret 2024 - 20:00 WIB
Syeikh Sudais Sentil Jemaah Umrah yang Sering Selfie di Masjidil Haram: Hormati Tempat Suci!
Syeikh Abdurrahman Al Sudais mengingatkan jemaah umrah untuk fokus ibadah selama di Masjidil Haram (Foto: Al Arabiya)

MAKKAH, iNews.id - Kepala Kepresidenan Urusan Dua Masjid Suci Syeikh Abdurrahman Al Sudais mengingatkan jemaah umrah untuk fokus ibadah selama di Masjidil Haram. Dia menyindir jemaah yang sibuk merekam aktivitas mereka dengan kamera seperti berfoto atau membuat video.

"Jangan sibuk dengan syuting dan mengambil foto di sana. Hormatilah waktu dan tempat suci,” kata Syeikh Sudais yang juga Imam Besar Masjidil Haram itu, dikutip dari Al Arabiya.

Masjidil Haram dipadati jemaah umrah dari luar negeri selama Ramadhan. Bulan Suci menjadi puncak kepadatan jemaah umrah, terlebih lagi di 10 hari terakhir karena dibarengi dengan iktikaf.

Namun banyak jemaah yang tampak sibuk untuk mengabadikan kehadiran mereka di dekat Kakbah atau di bagian lain di Masjidil Haram. Aktivitas mereka terkadang mengganggu jemaah lain.

Sekitar 8 juta jemaah umrah memadati Masjidil Haram sejak awal Ramadhan pada 11 Maret. Diperkirakan jumlah yang sama juga mendatangi Masjid Nabawi di Madinah. Biasanya jemaah umrah juga berziarah ke makam Nabi Muhammad SAW di Raudhah.

Sementara itu untuk meningkatkan kenyamanan bagi jemaah umrah, Pemerintah Saudi hanya mengeluarkan izin satu kali umrah bagi setiap jemaah untuk memberi kesempatan umat lain dan tentunya mengurangi kepadatan.

Kementerian Haji dan Umrah menyatakan tidak ada izin untuk umrah kedua selama Ramadhan.

Selain itu pihak berwenang menerapkan aturan seperti  membuat akses pintu khusus untuk masuk-keluar jemaah umrah di Masjidil Haram dan melarang jemaah lain selain peserta umrah memasuki area tawaf tepat di sekeliling Kakbah.


Editor : Anton Suhartono

Follow Berita iNews di Google News