Viral Masjid Istiqlal Padat Jelang Lebaran, Bak Lagi Nonton Konser Kpop

Wiwie Heryani · Senin, 08 April 2024 - 10:18 WIB
Viral Masjid Istiqlal Padat Jelang Lebaran, Bak Lagi Nonton Konser Kpop
Viral Masjid Istiqlal Padat Jelang Lebaran, Bak Lagi Nonton Konser Kpop (Foto: X)

JAKARTA, iNews.id - Suasana Lebaran semakin terasa di berbagai kota. Bahkan, di beberapa masjid sudah dipenuhi masyarakat.

Tidak terkecuali di Masjid Istiqlal Jakarta. Baru-baru ini viral di media sosial X penampakan keramaian di masjid terbesar di Asia Tenggara ini.

Dalam beberapa potret yang diunggah oleh akun X @cookarachaart. Terlihat penampakan keramaian orang-orang yang memenuhi setiap sudut masjid yang memiliki lima lantai tersebut. 

Menariknya, akun tersebut tampak menginformasikan keramaian orang di Masjid Istiqlal bak sedang memberi informasi suasana di lokasi konser. 

Menurut akun tersebut, saking ramainya, lima lantai di Masjid Istiqlal tersebut penuh tak bersisa oleh kerumunan orang yang berlomba-lomba ingin beribadah. 

Meski begitu, dia memastikan kondisi masih cukup kondusif, salah satunya saat mereka mendapatkan kejutan berupa ceramah dari pendakwah Abdullah Gymnastiar alias Aa Gym.

“Mengabarkan langsung dari Istiqlal CAT 3 festival, Tribune sold out sampe lt 5. Sempet gak kondusif di gate masuk tapi aman terkendali,” tulis tulis akun X @cookarachaart.

“Gak nyangka ada surprise performance aa Gym (ceramah). Moga bisa dateng lagi tahun depan,” katanya. 

Rupanya, cuitan akun tersebut viral dan banjir komentar dari netizen lain, yang ternyata juga ikut memberikan pantauan kondisi keramaian di Masjid Istiqlal dari lantai hingga sudut yang berbeda. 

Misalnya saja akun @uchaancaan, yang turut membagikan potret penampakan keramaian di dalam Masjid Istiqlal dari lantai lima. Dia lantas mengibaratkan lokasinya mirip dengan area Cat 7 di konser musik. 

Sebab, dalam potret tersebut terlihat jelas keramaian orang-orang yang tengah beribadah di setiap lantai, termasuk di lantai bawah. 

"Cat 7 beli tiket ots calo,” tulis cuitan akun tersebut. 

"Ini tribune lt berapa nder? tinggi benerrr,” kata netizen lain.

"Paling atas kak lt 5, aa gym keliatan cuman pas encore,” ujar akun tersebut lagi. 

Ada juga salah satu netizen yang mendapatkan lokasi di lantai 2 yang posisinya sangat dekat dengan mimbar, tempat di mana salah seorang ulama tengah memberikan dakwah. 

"Pov cat 1 tribune,” tulis akun @abcdekayy. 

Namun, posisi terbaik dari salah satu netizen itu masih terkalahkan dengan netizen lain yang turut membagikan potret posisi dirinya, karena berhasil mendapatkan lokasi di lantai 1 dan dekat dengan mimbar. 

“Cat 1 wkwk,” kata akun @pritieas. 

Tak hanya saat momen ibadah dan mendengarkan dakwah, salah satu netizen juga membagikan potret di mana para jemaah terlihat tidur dan memenuhi setiap sudut lantai Masjid Istiqlal pasca melakukan salat Subuh. 

“Terpantau pada tepar setelah subuhan tadi pagi,” kata akun @iamqueennnn666.

Rupanya, keramaian di Masjid Istiqlal itu turut membuat beberapa toilet di masjid tersebut ikut penuh dan mengakibatkan antrean  panjang. 

Bahkan, menurut salah satu netizen, ia sampai harus antre hingga sejam untuk bisa masuk toilet. 

“kamar mandi sejam sendiri,” kata akun @regigemp. 

Meski begitu, ada juga netizen yang mengungkapkan rasa harunya bisa mendapat kesempatan beribadah dan melakukan Witir di Masjid Istiqlal Jelang Lebaran 2024, meskipun dia juga sempat antre toilet hingga 2 jam. 

“Aku jg hadir kak semalem di lorong bawah, mewek pas doa witir terakhir gak bisa nahan lagi, gak kapok dateng lagi di mlm 27 walo antri toilet kali ini pecah rekor sampe 2 jam pas tengah malam hiks,” tutur akun @sawalinnn.


Editor : Vien Dimyati

Follow Berita iNews di Google News