3 Camilan Enak selain Odading yang Lagi Viral, Ini Pilihannya

Riyandy Aristyo ยท Rabu, 23 September 2020 - 18:35 WIB
3 Camilan Enak selain Odading yang Lagi Viral, Ini Pilihannya
Mencicipi camilan enak (Foto : Instagram @doyanbakmie)

JAKARTA, iNews.id - Odading merupakan makanan khas Jawa Barat yang kini tengah populer. Makanan berbahan dasar roti ini dibuat dengan cara digoreng, sehingga sangat cocok dimakan bersama susu dan kopi diwaktu bersantai.

Selain odading, sejumlah kudapan ini juga sangat cocok disantap saat waktu senggang. Lantas, apa saja camilan enak selain odading yang bisa dibuat di rumah? Berikut ulasan dan cara membuatnya dirangkum, Rabu (23/9/2020).

Cakwe atau Cakue

Makanan ini sebenarnya berasal dari Tiongkok dan rasanya sudah dimodifikasi sehingga bisa diterima di lidah masyarakat Indonesia. Biasanya, cakwe atau cakue dimakan dengan saus berbahan cuka dan cabai yang digiling halus.

Bahan Biang:

1 sendok teh ragi instan /pernipan
1 sendok makan tepung trigu
1 sendok makan gula pasir
3 sendok teh air hangat

Bahan Utama:

250 tepung trigu
150 ml air
1/2 sendok teh garam halus
1/4 sendok teh baking
1/4 sendok teh soda kue
minyak untuk menggoreng

Cara Pembuatan

1. Campur Semua Bahan biang, lalu diamkan 10-15 menit.
2. Dalam Wadah lain, campurkan garam, baking powder, soda kur, tepung cakra. Kemudian aduk rata lalu masukan bahan biang, aduk perlahan sembari masukan sedikit-sedikit air, uleni hingga rata. Lalu tutup dengan serbet/plastik, diamkan adonan hingga 2 jam.
3. Kempeskan adonan, lalu letakkan di meja kerja yang sudah ditabur sedikit terigu, uleni sebentar agar tidak ada angin lagi dalam adonan. Lalu pipihkan adonan dengan rolling pin, sampai ketebalan 2 cm.
4. Potong-potong memanjang, lalu taburi atasnya dengan sedikit terigu, tekan tengah nya dengan tusuk sate, lalu ambil lagi 1 adonan, tumpuk dan tekan tengahnya dengan tusuk sate.
5. Panaskan minyak agak banyak, usahakan minyak panas saat adonan cakwe masuk, agar mengembang sempurna.
6. Setelah minyak panas, ambil adonan cakwe, lalu tarik perlahan, baru goreng hingga matang dan coklat keemasan

Donat Kentang

Makanan dengan ciri khas bolong di tengah ini menjadi salah satu camilan lezat untuk anak di rumah. Donat kentang bisa menjadi pilihan karena teksturnya yang empuk dan lezat. Ditambah dengan penggunaan toping yang bervariasi seperti gula halus atau cokelat leleh.

Bahan-bahan:

500 gr tepung terigu segitiga biru
3 buah kentang (rebus lalu kupas dan ditumbuk halus)
2 sendok makan susu bubuk
2 sendok makan gula pasir
2 sendok makan mentega
1/2 bungkus fernipan
3 buah kuning telur
sedikit garam

Langkah Pembuatan:
1. Rebus kentang sampai empuk lalu kupas dan tumbuk hingga halus.
2. Siapkan biang. Larutkan fernipan dan sedikit gula di 1/2 gelas air hangat. Lalu aduk sampai tercampur rata dan diamkan kira-kira 10 menit hingga berbuih.

3. Campurkan terigu, kentang, susu bubuk, gula pasir dan biang td sedikit demi sedikit lalu aduk sampai tercampur. Lalu masukan kuning telur, mentaga dan sedikit garam.
4. Aduk hingga terasa kalis. Jika masih lengket di tangan, bisa di tambahkan terigu dan mentega sedikit demi sedikit sambil di banting-banting adonannya.
5. Diamkan adonan dengan di tutup kain basah hingga 1 jam. Biarkan adonan mengembang hingga 2 kali lipat.
6. Saat adonan sudah mengembang, pukul-pukul adonan hingga mengempis kemudian bulatkan adonan dan biarkan sekitar 15-20 menit sampai mengembang lagi.
7. Ketika sudah mengembang, adonan siap untuk di goreng dengan cara di tusuk dulu tengah nya dan diputar-putar dengan jari telunjuk kanan dan kiri hingga berlubang besar dan rata.
8. Goreng dengan api kecil dan balik donat sekali saja hingga warna keemasan. Jika sudah digoreng semua, balur dengan gula halus.

Gandasturi

Gandasturi adalah makanan tradisional berbahan dasar kacang hijau. Gandasturi biasanya disajikan sebagai camilan untuk teman minum teh atau kopi sore hari.

Bahan-bahan:

200 gram kacang hijau
600 ml air (untuk merebus)
150 gram gula merah (iris)
1/2 sendok teh garam
125 gram tepung terigu
125 gram tepung beras
1/2 sendok teh vanili
1 butir telur (kocok lepas)
250 ml santan sedang
Minyak secukupnya (untuk menggoreng)

Cara membuat:

1. Siapkan air dalam wadah, lalu rendam kacang hijau selama 2 jam. Setelah direndam, rebus kacang hijau sampai matang dan empuk.
2. Tambahkan gula merah dan garam, lalu aduk sampai agak mengering, angkat, dan dinginkan.
3. Ambil satu sendok makan adonan kacang hijau dan gula merah, lalu bentuk menjadi bulat pipih, dan sisihkan.
4. Siapkan wadah, campur tepung terigu, tepung beras, vanili, dan telur, dalam wadah tersebut, aduk rata. Masukkan santan, lalu aduk kembali sampai menjadi adonan yang licin.
5. Celupkan adonan kacang hijau yang tadi tekah dibentuk, ke dalam adonan tepung, lalu goreng dalam minyak panas sampai gandasturi matang dan berwarna kuning kecokelatan, angkat, dan tiriskan.


Editor : Vien Dimyati

Follow Berita iNews di Google News