7 Menu Lebaran Sederhana tapi Mewah, Ada Rendang Daging hingga Sate Wajib Dicicipi!

Vien Dimyati · Selasa, 09 April 2024 - 14:22 WIB
7 Menu Lebaran Sederhana tapi Mewah, Ada Rendang Daging hingga Sate Wajib Dicicipi!
Menu Lebaran sederhana tapi mewah (Foto: Instagram @luis_widarto)

JAKARTA, iNews.id - Menu Lebaran sederhana tapi mewah bisa menjadi rekomendasi hidangan untuk disajikan kepada anggota keluarga. Beberapa menu sederhana tersebut mudah dibuat dengan bahan pilihan.

Hari Raya Idul Fitri merupakan salah satu momen yang ditunggu-tunggu oleh umat Muslim di seluruh dunia. Pada saat itu, umat Muslim merayakan kemenangan setelah menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh.

Selain bersilaturahmi dengan keluarga dan teman, salah satu tradisi yang selalu dilakukan saat Lebaran adalah menyajikan hidangan lezat untuk keluarga dan tamu yang datang berkunjung.

Untuk itu, Anda bisa menyiapkan lima menu Lebaran sederhana tapi mewah kepada anggota keluarga. Berikut ulasannya dirangum pada Senin (17/4/2023).

Menu Lebaran Sederhana tapi Mewah

1. Ayam Goreng Bumbu Kecap

Ayam goreng bumbu kecap merupakan menu sederhana yang sangat populer di Indonesia. Untuk membuat ayam goreng bumbu kecap sangat mudah, tambahkan bumbu-bumbu seperti lada hitam, jahe, dan bawang putih ke dalam bumbu kecap yang digunakan. Sajikan ayam goreng dengan taburan daun bawang dan irisan cabai merah untuk menambahkan cita rasa pedas dan segar.

2. Sate Kambing Madura

Sate kambing Madura merupakan hidangan yang tidak boleh absen di meja makan saat Lebaran. Untuk membuat sate kambing Madura, gunakan daging kambing yang empuk dan potong kecil-kecil agar mudah ditusuk. Sajikan sate kambing dengan bumbu kacang yang kaya rasa dan taburan bawang goreng untuk menambahkan rasa gurih yang nikmat.

3. Rendang Daging

Rendang daging adalah hidangan khas Minangkabau yang sudah terkenal di seluruh dunia. Untuk membuat rendang yang lezat, gunakan daging sapi yang berkualitas tinggi dan tambahkan rempah-rempah seperti serai, daun jeruk, dan daun salam ke dalam bumbu rendang. Masak rendang hingga kuah kental dan dagingnya empuk, lalu sajikan dengan nasi putih dan irisan mentimun untuk seimbangkan rasa pedas dan gurih.

4. Sayur Lodeh

Sayuran bersantan memang paling cocok disajikan saat Lebaran. Salah satunya sayur lodeh. Sayur lodeh sangat mudah untuk dimasak sendiri di rumah. Anda cukup menambahkan sayuran segar seperti nangka mentah, labu siam, dan kacang panjang. Tambahkan santan kental ke dalam kuah sayur lodeh untuk menambahkan cita rasa dan gurih. Sajikan sayur lodeh dengan nasi putih dan emping sebagai pelengkapnya.

5. Es Buah Segar

Es buah segar adalah hidangan penutup yang cocok untuk menyegarkan selera setelah menyantap berbagai hidangan lezat di hari Lebaran. Untuk membuat es buah, Anda bisa menggunakan buah-buahan segar seperti semangka, melon, mangga, dan jeruk. Sajikan es buah dengan sirup manis dan taburan selasih untuk menambahkan rasa segar dan nikmat.

6. Nasi Liwet Ayam Panggang Madu

Nasi liwet disajikan dengan ayam panggang yang dimasak dengan bumbu madu yang kaya rasa. Disajikan dengan irisan sayuran segar dan sambal terasi.

7. Sop Kambing Khas Timur Tengah

Sop kambing yang lezat dengan rempah-rempah khas Timur Tengah, disajikan dengan potongan daging kambing yang empuk dan kentang serta wortel.

Itulah seputar menu Lebaran sederhana tapi mewah. Cocok disajikan kepada anggota keluarga saat Perayaan Idul Fitri.


Editor : Vien Dimyati

Follow Berita iNews di Google News