7 Tips Jaga Imunitas saat Puasa, Salah Satunya Cukup Istirahat

Leonardus Selwyn ยท Selasa, 13 April 2021 - 06:05 WIB
7 Tips Jaga Imunitas saat Puasa, Salah Satunya Cukup Istirahat
Imunitas sangat penting dijaga saat puasa. (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNews.id - Hari ini umat muslim mulai menjalani puasa pertama. Tentunya memperkuat imunitas tubuh sangat penting, agar lancar saat menjalankan ibadah puasa.

Mengutip dari Komite Percepatan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), @lawancovid19_id, Selasa (12/4/2021), berikut iNews.id rangkum tujuh tips untuk memperkuat imunitas tubuh selama bulan puasa. 

1. Menjaga asupan yang berkualitas

Sangat penting untuk menjaga asupan makanan yang berkualitas selama puasa. Di antaranya mengkonsumsi makanan tinggi karbohidrat dan protein, membatasi makanan tinggi lemak, dan mengurangi konsumsi gula saat berbuka puasa.

2. Berolahraga

Berolahraga tetap bisa dilakukan selama puasa. Namun tentunya pilih waktu yang tepat. Anda bisa memilih setelah sahur atau sebelum berbuka, bisa juga 1-2 jam setelah berbuka puasa. Pilih jenis olahraga yang ringan saja seperti yoga dasar atau sekadar jalan cepat. 

3. Perbanyak cairan

Meski puasa, jangan sampai tubuh Anda mengalami dehidrasi. Tingkatkan asupan cairan hingga 1,5 - 2 kali lipat dibandingkan biasanya. Anda bisa mengaturnya setelah berbuka dan saat sahur.


Editor : Dyah Ayu Pamela

Follow Berita iNews di Google News