Infografis 6 Amalan di Bulan Rabiul Awal, Perbanyak Sholawat dan Sedekah

Kastolani Marzuki ยท Selasa, 27 September 2022 - 17:40 WIB
Infografis 6 Amalan di Bulan Rabiul Awal, Perbanyak Sholawat dan Sedekah
Infografis 6 Amalan di Bulan Rabiul Awal yang penuh keutamaan. (Grafis: Samsul)

JAKARTA, iNews.id - Ada beberapa amalan di Bulan Rabiul Awal yang merupakan bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW. Amalan-amalan tersebut di antaranya dengan membaca sholawat untuk Nabi Muhammad SAW dimaksudkan untuk mendoakan dan memohon berkah dari Allah SWT untuk keselamatan dan kesejahteraan.

Selain itu, pembacaan shalawat, barzanji dan pengajian­-pengajian yang mengisahkan sejarah Nabi SAW menghiasi hari-hari bulan itu.

Isnan Ansory dalam bukunya Pro Kontra Maulid Nabi menyebutkan, Syaikh as-Sayyid Zain Aal Sumaith, dalam karyanya Masail Katsuro Haulaha an-Niqosy wa al-Jidal, mendefinisikan maulid Nabi Muhammad yakni, memperingati hari kelahiran Rasulullah dengan menyebut-nyebut kisah hidupnya, dan setiap tanda-tanda kemulian dan mukjizat sang Nabi Saw dalam rangka mengagungkan kedudukannya, dan menampakkan kegembiraan atas kelahirannya.

Tujuan merayakan Maulid Nabi SAW di Bulan Rabiul Awal adalah dalam rangka menampakkan kegembiran atas kelahiran manusia agung pembawa rahmat alam semesta.


Editor : Kastolani Marzuki

Follow Berita iNews di Google News