Apa yang Dimaksud dengan Hilal dan Penjelasannya? Ini Jawabannya Lengkap

Antik Dalu Shinta ยท Sabtu, 30 April 2022 - 14:20 WIB
Apa yang Dimaksud dengan Hilal dan Penjelasannya? Ini Jawabannya Lengkap
apa yang dimaksud dengan hilal dan penjelasannya

JAKARTA, iNews.id - Apa yang dimaksud dengan hilal dan penjelasannya? Hilal sering digunakan umat Islam untuk menentukan kapan 1 Ramadhan ditetapkan. Agar lebih memahami mengenai Hilal, simak penjelasan berikut.

Apa yang Dimaksud dengan Hilal dan Penjelasannya?

Hilal (rukyat) adalah proses mengamati visibilitas hilal (sabit pertama) setelah datangnya ijtimak. Waktu terbaik melakukan adalah menjelang terbenamnya matahari setelah ijtimak.

Jika hilal terlihat, maka pada waktu Maghrib waktu setempat telah memasuki tanggal 1 atau awal bulan. Untuk melihat hilal, cukup menggunakan teleskop standar. 

Mengutip buku ‘Materi Puasa Ramadhan’ karya Yunus Hanis Syam, Allah menjadikan hilal sebagai waktu bagi manusia terkait dengan hukum yang ditetapkan syariat. Juga hukum yang ditetapkan dengan syarat-syarat yang ditetapkan oleh manusia sehingga apa saja yang waktunya tetap baik dengan syariat atau syarat maka hilal lah patokan waktunya. 

Jadi, apa yang dimaksud dengan hilal adalah ketetapan waktu sesuai syariat. Hilal ditetapkan dengan sesuatu yang thobi'i (alami), tampak, bersifat umum, dan dapat dilihat dari dengan mata sehingga tidak seorangpun sesat dari agamanya.


Editor : Puti Aini Yasmin