Hikmah

Ayat tentang Maulid Nabi Dalam Alquran Beserta Arti dan Tafsir

Kastolani Marzuki · Sabtu, 01 Oktober 2022 - 06:30 WIB
Ayat tentang Maulid Nabi Dalam Alquran Beserta Arti dan Tafsir
Ayat Alquran tentang Maulid Nabi SAW dan anjuran gembira menyambut kelahiran Rasulullah SAW. (Foto: Freepik)

3. Surat Ali Imran Ayat 164

لَقَدْ مَنَّ اللَّهُ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ إِذْ بَعَثَ فِيهِمْ رَسُولًا مِّنْ أَنفُسِهِمْ 

Artinya: “sungguh Allah telah memberi karunia kepada orang-orang yang beriman, ketika Allah mengutus seorang Rosul dari kalangan mereka sendiri”. (QS. Ali Imran ayat 164).

Dalam ayat ini disebutkan bahwa karunia paling besar bagi umat manusia yakni kelahiran Rasulullah SAW yang diutus untuk seluruh alam semesta.

4. Surat Al Hajj Ayat 32

ذَلِكَ وَمَن يُعَظِّمْ شَعَائِرَ اللَّهِ فَإِنَّهَا مِن تَقْوَى الْقُلُوبِ 

Artinya: "Demikianlah (perintah Allah). Dan barangsiapa mengagungkan syiar-syiar Allah, maka sesungguhnya itu timbul dari ketakwaan hati.” (QS. Al Hajj Ayat 32)

Tim Asatidz Rumah Fiqih Indonesia, Ustaz Galih Maulana menjelaskan, syiar-syiar Allah adalah hurumatullah, hurumatullah adalah segala seuatu yang Allah muliakan, bisa berupa benda atau waktu seperti Masjid dan Bulan romadhon.

Dan Rasulullah SAW merupakan makhuk Allah yang paling agung keutamaannya dan paling mulia kedudukannya, tentu sudah sepantasnya kaum muslimin mengagungkan dan merayakan syiar ini.

Demikian pembahasan mengenai ayat tentang Maulid Nabi yang jadi pedoman bagi Muslim menyambut dan merayakan kelahiran Rasulullah SAW.


Editor : Kastolani Marzuki

Follow Berita iNews di Google News