Cara Bikin Nasi Goreng Kampung tanpa Kecap, Enak meski Diolah dari Nasi Sisa!

Devi Pattricia ยท Jumat, 15 Maret 2024 - 17:55 WIB
Cara Bikin Nasi Goreng Kampung tanpa Kecap, Enak meski Diolah dari Nasi Sisa!
Cara Bikin Nasi Goreng Kampung tanpa Kecap (Foto: TikTok)

JAKARTA, iNews.id - Menyiapkan makanan untuk sahur memang membutuhkan kreativitas. Ya, sahur memiliki waktu yang sangat singkat, sehingga Anda harus memasak lauk pauk yang mudah dan cepat.

Sebab, sahur menjadi waktu yang tepat untuk memenuhi asupan tubuh agar tetap bersemangat beraktivitas meski menjalankan puasa. Namun tak dipungkiri rasa ngantuk sangat menghantui ketika hendak bangun sahur.

Alhasil sebagian besar orang memilih untuk memasak menu sahur yang simpel tapi tetap nikmat dan mengenyangkan perut, seperti nasi goreng kampung tanpa kecap.

Apalagi jika Anda masih memiliki sisa nasi setelah buka puasa, daripada dibuang, lebih baik Anda olah menjadi menu nasi goreng untuk sahur. Penasaran? Yuk simak resep nasi goreng kampung tanpa kecap ala Chef Devina Hermawan, dikutip dari akun TikTok @devina.hermawan.

Bahan:

300 gr nasi putih
2 butir telur
30 gr selada air/kangkung
1/2 sdt gula pasir
3 sdm minyak

Bahan bumbu halus:

4 siung bawang putih
7 siung bawang merah
1/2 sdt terasi
35 cabai rawit hijau
1/4 sdt lada putih butir
1 sdt garam
1 sdt kaldu jamur

Pelengkap:

Kerupuk
Telur mata sapi

Cara membuat:

1. Masukkan bawang putih, garam, kaldu jamur dan lada putih butir ke dalam ulekan. Kemudian ulek hingga halus. Setelah halus, Anda bisa masukkan bawang merah, rawit hijau dan terasi. Lalu ulek kasar semuanya.
2. Kemudian tumis bumbu dengan minyak goreng hingga matang dan wangi. Lalu, masukkan telur, aduk rata kemudian masukkan nasi kemarin atau nasi dingin dan tambahkan gula pasir.
3. Aduk hingga merata seluruh nasi dengan bumbu. Lalu, masak hingga wangi dan jangan lupa untuk koreksi rasa. Jika punya stok sayur seperti selada air atau kangkung boleh ditambahkan ke dalamnya untuk menambah serat di dalam menu sahur ini.
4. Aduk merata dan tunggu hingga sayuran matang dan sedikit layu. Jika sudah matang, Anda bisa tambahkan kerupuk dan telur mata sapi untuk topping pelengkap. Nasi goreng kampung tanpa kecap siap disantap waktu saat sahur.


Editor : Vien Dimyati

Follow Berita iNews di Google News