5 Cara Memasak Gulai Kambing agar Tidak Bau, Nomor 3 Lebih Simpel

Siska Permata Sari · Kamis, 22 Juli 2021 - 11:38 WIB
5 Cara Memasak Gulai Kambing agar Tidak Bau, Nomor 3 Lebih Simpel
Cara memasak gulai kambing agar tidak bau (Foto: Instagram@byviszaj)

JAKARTA, iNews.id - Cara memasak gulai kambing agar tidak bau ada triknya tersendiri supaya rasanya lebih lezat. Bagi Anda yang sedang bingung ingin mengolah daging kurban, Anda bisa mencoba cara memasak daging kambing yang satu ini.

Seperti diketahui, memasak daging kambing ada tata caranya sendiri agar ketika dikonsumi, daging empuk, lezat dan tidak memiliki bau aneh. Setelah mengolah daging agar tidak bau, Anda bisa langsung mengolahnya menjadi hidangan gulai kambing.

Seperti kita tahu, gulai kambing menjadi menu favorit banyak orang karena rasanya yang lezat, gurih, dan tak jarang bikin nagih. Selain itu, daging kambing juga baik untuk kesehatan. 

Di antaranya saja untuk mencegah anemia, kanker, hingga menjaga kesehatan tulang. Hal itu karena daging kambing mengandung ragam nutrisi yang baik. 

Dalam 100 gram daging kambing saja terdapat 150 kalori, 27 gram protein, dan 15 gram lemak. Selain itu, daging kambing juga mengandung kalium, vitamin B12, zat besi, magnesium, selenium, dan omega-3.

Namun, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi daging kambing secara berlebihan. Hal ini terkait dengan kolesterol dan tekanan darah yang bisa melonjak jika mengonsumsi daging kambing berlebihan. Maka, konsumsilah daging kambing dalam batas yang wajar.

Selain itu, penting juga untuk mengetahui cara memasak gulai kambingnya agar tidak bau. Penasaran dengan cara memasak gulai kambing agar tidak bau? 

Berikut cara-cara dan resepnya, seperti dirangkum pada Kamis (22/7/2021).

1. Tidak mencuci daging kambing

Cara memasak gulai kambing agar tidak bau adalah tidak mencuci daging sebelum dimasak. Daging kambing tidak perlu dicuci agar baunya hilang. Justru, mencuci daging kambing bisa semakin menimbulkan bau. Cukup lap sebentar di bagian-bagian daging yang terlihat kotor atau masih ada darahnya.

2. Pisahkan dengan lemak

Cara memasak gulai kambing agar tidak bau bisa juga dilakukan dengan memisahkan bagian daging dengan lemaknya. Mengapa? Sebab, asam lemak yang ada pada daging kambing dapat menimbulkan aroma tidak sedap, lho! Jadi sebelum dimasak, sebaiknya potong-potong daging dan pisahkan dengan bagian lemaknya.

3. Lumuri dengan garam atau jeruk nipis

Setelah itu, cara memasak gulai kambing agar tidak bau juga bisa dilakukan dengan melumuri daging pakai jeruk nipis sebelum memasaknya. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan garam untuk menghilangkan aroma tak sedap pada daging kambing. Caranya, taburi garam di permukaan daging kambing dan diamkan selama sekira 60 menit sebelum dimasak.

4. Rebus daging kambing 

Selanjutnya, cara memasak gulai kambing agar tidak bau juga bisa dengan merebus daging terlebih dulu. Anda bisa merebus daging kambing dengan campuran lobak untuk menghilangkan aroma tak sedap. Sebab, lobak diketahui memiliki kadar kolin rendah untuk mengurangi bau tak sedap dari daging kambing.

5. Masak menggunakan rempah-rempah

Nah, cara memasak gulai kambing agar tidak bau lainnya juga dapat Anda lakukan dengan menggunakan rempah-rempah. Ya, memasukkan rempah-rempah saat memasak daging kambing bisa menjadi cara jitu untuk mengurangi baunya.

6. Resep gulai kambing

Usai mengetahui cara memasak gulai kambing agar tidak bau, berikut adalah resepnya!

Bahan-bahan:

* 500 gram daging kambing 
* 100 ml santan kental 
* Secukupnya air 
* 3-4 sdm minyak untuk menumis bumbu 
* Secukupnya gula merah
* Secukupnya garam 
* Secukupnya kaldu bubuk 

Bumbu halus:
 
* 5 butir bawang merah 
* 1/2 bonggol bawang putih 
* 4 buah cabai merah besar, buang bijinya
* 3 butir kemiri, sangrai 
* 2 ruas kunyit, bakar 
* 1 ruas jahe, bakar 
* 1/2 ruas lengkuas 
* 1/2 sdm ketumbar, sangrai 
* 1/2 sdt jinten, sangrai 
* 1/4 sdt merica, sangrai 
* Sedikit buah pala

Bumbu pelengkap:

* 2 batang sereh, geprek 
* 2 lembar daun salam 
* 2 lembar daun jeruk 
* 2 ruas jari kayumanis 
* 2 butir kalupaga 
* 2 butir cengkeh 
* 8 cabai rawit

Cara membuat:

1. Pertama, siapkan bahan-bahannya. Lalu rebus daging kambing dengan air secukupnya hingga mendidih. Kemudian angkat dagingnya dan bersihkan, buang airnya.
2. Potong-potong daging sesuai selera. Lalu masak air, sereh, daun salam dan daun jeruk hingga mendidih.
3. Siapkan bumbu halus. Tumis bersama kayu manis, kapulaga dan cengkeh hingga harum dan berminyak.
4. Lalu masukkan daging kambing, aduk rata. Tuang air mendidih beserta daun-daunnya. Masak hingga daging empuk.
5. Tuang santan perlahan-lahan, aduk jangan sampai pecah, masak kurang lebih selama 15 menit. 
6. Masukkan cabai rawit utuh, gula, garam dan kaldu bubuk. Aduk rata. Setelah itu koreksi rasa. Jika sudah pas, angkat dan sajikan bersama taburan bawang goreng.

Selamat mencoba!


Editor : Vien Dimyati

Follow Berita iNews di Google News