Doa Qunut Witir saat Tarawih 15 Hari Terakhir Ramadhan, Dibaca Kapan?

Kastolani Marzuki · Rabu, 27 Maret 2024 - 15:19 WIB
Doa Qunut Witir saat Tarawih 15 Hari Terakhir Ramadhan, Dibaca Kapan?
Ilustrasi doa qunut witir saat shalat tarawih 15 hari terakhir Bulan Ramadhan. (Foto: ist)

JAKARTA, iNews.id - Shalat tarawih sudah memasuki malam ke-17 di Bulan Ramadhan. Berikut doa qunut witir saat tarawih 15 hari terakhir Ramadhan.

Melansir buku Bekal Ramadhan dan Idul Fitri 3 Shalat Tarawih dan Witir karangan Ustaz Muhammad Saiyid Mahadhir LC dijelaskan, dalam madzhab Syafi’i qunut witir hukumnya sunnah.

Qunut secara bahasa artinya diam, berdiri, doa, dan taat. Imam Nawawi mengatakan, qunut memiliki banyak arti dalam bahasa arab,di antaranya adalah doa, baik doa untuk kebaikan atau doa untuk keburukan. Sedangkan secara istilah menurut ulama ahli syari’at, qunut adalah nama untuk doa dalam shalat pada saat tertentu ketika berdiri.

Qunut Witir Dibaca Kapan?

Doa qunut witir sholat tarawih sunnah dibaca pada pertengahan Bulan Ramadhan atau malam ke 16. Hal ini berdasarkan pendapat ulama Mazhab Syafi'i. Artinya, qunut witir pertengahan Ramadhan ini mulai dibaca Selasa, 26 Maret 2024. 

Qunut witir saat tarawih ini dibaca pada rakaat terakhir setelah rukuk.

Imam As-Syafi’i berkata terkait qunut witir: "Jangan qunut (witir) kecuali pada seperdua bulan ramadhan, yang demikian karena perilaku Ibnu Umar".

Dari sinilah akhirnya dalam madzhab Syafi’i memutuskan bahwa sunnah qunut witir hanya pada 15 malam terakhir dari bulan Ramadhan.

Dalilnya adalah atsar para sahabat di masa Umar bin Kahttab ra: Dari Al-Hasan Al-Bashri, bahwa Umar bin Khattab ra mengumpulkan masyarakat untuk shalat pada malam Bulan Ramadhan dengan diimami oleh Ubai bin Ka’ab, Umar berkata kepada Ubai:

"Shalatlah bersama mereka 20 rakaat, dan jangan kamu qunut bersama mereka kecuali pada seperdua ramadhan terakhir, lalu Ubai bin Ka’ab shalat bersama mereka pada 10 ramadhan pertama dan kedua, pada 10 terakhir Ubai tidak keluar rumah, sehingga masyarakat pada waktu itu meminta Mu’adz bin Jabal, akhirnya Mu’adz yang menjadi imam dan Muadz tetap qunut pada 10 terakhir".

Doa Qunut Witir saat Tarawih

اَلَّلهُمَّ اهْدِنَا فِيْمَنْ هَدَيْتَ,وَعَافِنَا فِيْمَنْ عَافَيْتَ، وَتَوَلَّنّا فِيْمَنْ تَوَلَّيَتَ، وَبَارِكْ لِي فِيْمَا اَعْطَيْتَ، وَقِنَا شَرَّ مَا قَضَيْتَ، فَاِنَّكَ تَقْضِى وَلَا يُقْضَى عَلَيْكَ، وَاِنَّهُ لَايَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ، وَلَايَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ، تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ، فَلَكَ اْلحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ، نَسْتَغْفِرُكَ وَنَتُوْبُ اِلَيْكَ. 

Latin: Allahummahdina fii man hadait, wa‘aafiinaa fii man ‘aafait, wa tawallana fii man tawallait, wa baariklana fii maa a‘thait, wa qinaa syarra maa qadhait, fa innaka taqdhii wa laa yuqdhoo ‘alaik, wa innahuu laa yadhillu man waalait, wa laa ya‘izzu man ‘aadait, tabaarakta rabbanaa wa ta‘aalait, fa lakal hamdu a’laa maa qadhait, wa astagfiruka wa atuubu ilaik, wa shallallaahu ‘alaa sayyidinaa muhammadin nabiyyil ummiyyi wa ‘alaa aalihi wa shahbihi wa sallam."

Artinya: Ya Allah, berikanlah kami petunjuk seperti orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk, Berilah kami perlindungan seperti orang-orang yang telah Engkau beri perlindungan. Berilah kami pertolongan sebagaimana orang-orang yang telah Engkau beri pertolongan. Berilah berkah pada segala yang telah Engkau berikan kepada kami. Jauhkanlah kami dari segala kejahatan yang telah Engkau pastikan. Sesungguhnya Engkau adalah Dzat yang Maha menentukan dan Engkau tidak dapat ditentukan. Tidak akan hina orang yang Engkau lindungi. Dan tidak akan mulia orang yang Engkau musuhi. Engkau Maha Suci dan Maha luhur. Segala puji bagi-Mu dan atas segala yang Engkau pastikan. Kami memohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.

Tata Cara Qunut Witir

Dalam madzhab Syafi’i urusan teknis qunut ini disamakan dengan qunut subuh dikerjakan setelah rukuk. Lafadznya sama dengan lafadz qunut shubuh, sunnah mengangkat tangan atau tidak makmum mengaminkan, makmum mengikuti bacaan imam pada lafazh tsana’ (pujian), tidak mengusap wajah setelahnya, bila tidak sengaja terlewat, juga disunnahkan untuk melakukan sujud sahwi.

Demikian ulasan doa qunut witir saat shalat tarawih pada pertengahan Bulan Ramadhan yang disunnahkan.

Wallahu A'lam.


Editor : Kastolani Marzuki

Follow Berita iNews di Google News