Doa setelah Baca Yasin untuk Hajat, Arab, Latin Arti

Kastolani Marzuki · Kamis, 29 September 2022 - 16:10 WIB
Doa setelah Baca Yasin untuk Hajat, Arab, Latin Arti
Doa setelah Membaca Surat Yasin sangat dianjurkan untuk memohon ampunan dan rahmat Allah SWT. (Foto: ist)

JAKARTA, iNews.id - Doa setelah baca Yasin untuk hajat bisa diamalkan agar keinginan segera dikabulkan.

Sebagian ulama mengatakan bahwa di antara khasiat Surat Yasin ini ialah tidak sekali-kali ia dibaca dalam suatu urusan yang sulit, melainkan Allah akan memudahkannya. 

Selain dianjurkan dibacakan untuk orang yang sedang menghadapi sakaratul maut dan orang yang sudah meninggal, juga memiliki manfaat atau khasiat memudahkan urusan yang sulit.

Membaca Yasin fadilah untuk hajat bisa diamalkan sebanyak 3x, 7x, dan 41x. Amalan itu merupakan salah satu riyadhah atau metode dalam melakukan amalan spiritual untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT melalui wasilah Alquran yakni Surat Yasin.

Rais Syuriah PBNU KH Ahmad Bahauddin Nursalim (Gus Baha) dalam salah satu pengajiannya membahas keutamaan Surat Yasin menyebutkan bahwa amalan membaca Surat Yasin sebanyak 41x sudah masyhur atau terkenal.

Menurut Gus Baha, membaca Surat Yasin 41 kali keutamannya sangat besar dan keramat sekali.  

"Saya punya teman wiridan Yasin 41 kali. Hari terakhir ini setelah beberapa tahun mengamalkannya langsung pintunya terbuka, bisa jalan sampai ke walisongo saat itu juga. Sekarang sudah kaya orangnya. Itu karena barokahnya Surat Yasin. barokahnya wiridan Surat Yasin 41x," katanya dalam pengajian Kitab Syariatullah Al Kholidah diunggah Kanal Youtube Nuha Channel.

Sedangkan manfaat membaca Surat Yasin 3x dan 7x akan memudahkan urusan sulit yang dihadapi seseorang seperti terlilit utang dan ketakutan luar biasa karena ada persoalan.

Doa setelah Baca Yasin untuk Hajat

Keampuhan fadhilah Yasin sebagiamana dilansir dari pcnukendal, disebutkan dalam kitab “Abwàbul Faroj” yang ditulis oleh Al-Imam As-Sayyid Muhammad bin Alawi Al-Mailiki.

Pada halaman 158 pada kitab tersebut, beliau berkata :

“Surat Yasin itu besar derajatnya, masyhur keutamaan dan pahalanya. Dia adalah intisari Al-Qur’an, dapat menghilangkan kesusahan dan menghapus kegelisahan. Yasin Fadlilah adalah senjata untuk menghilangkan bencana dan kesusahan, menjadi penyelamat dari fitnah dan cobaan. Pembacaan Yasin Fadlilah telah ditausiyahkan orang-orang arifin, dan selalu dilakukan auliya’ yang sholihin. Setiap orang yang sungguh-sungguh dengan membaca Yasin Fadlilah akan menemukan kesuksesan dalam semua tujuannya, dan terlaksanaka semua hajatnya. Bacalah Yasin Fadlilah ketika ada bencana dan kesusahan, maka akan dihasilkan kesukaan, akan hilang kesempitan dan kesulitan, hati akan menjadi lapang dan semua perkara menjadi mudah. Kalau dibaca 3, 5, 7 atau 40 kali, maka itu adalah baik. Hitungan-hitungan ini telah disebutkan. 

Para ulama menganggap baik terhadap bacaan doa-doa yang masyhur sesudah ayat-ayat tertentu, dan terhadap pengulangan ayat-ayat tertentu, seperti sesudah ayat berikut:

وجعلني من المكرمين

Latin: Waja'alanii minal mukramiin. (QS. Yasin ayat 27)

membaca doa ini

اللهم اكرمني بقضاء حوائجي كلها يا ارحم الراحمين

Allahumma Akrimnii biqadhaai hawaaijii kullihaa yaa arhamar raahimiin

kemudian bacaan di bawah ini :

ذلك تقدير العزيز العليم

Latin: Dzaalika taqdiirul 'aziizil 'aliim. (QS. Yasin ayat 38)

Diulang-ulang sebanyak 12 kali. Dan bacaan:

سلام قولا من رب رحيم

Salaamun Qaulan Mirrabbir rahiim (QS. yasin ayat 58)

diulang-ulang sebanyak 16 kali. Ketika membaca :

اوليس الذي خلق السموات والارض بقادر على ان يخلق مثلهم بلى

Awalaisalladzii khalaqas samaawaati wal ardhaa biqaadirin 'alaa ayyahluqo mitslahum balaa (QS. Yasin ayat 81)

maka disambung dengan doa ini :

بلى ان يفعل لي كذا وكذا

Balaa ayyafala lii kadzaa wa kadzaa

dengan menyebutkan hajatnya” (Abwàbul Faroj halaman 158).

Berikut Doa setelah Baca Yasin lengkap dengan Arab, Latin, Arti:


اللَّهُمَّ إِنَّانَسْتَحْفِظُكَ وَنَسْتَوْدِعُكَ أَدْيَانَنَا وَأَنْفُسَنَاوَأَهْلَنَا وَأَوْلاَدَنَا وَأَمْوَالَنَا وَكُلَّ شَيْئٍ أَعْطَيْتَنَا. اللَّهُمَّ اجْعَلْنَا وَإِيَّاهُمْ فِي كَنَفِكَ وَأَمَانِكَ وَعِيَاذِكَ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ مَرِيْدٍ وَجَبَّارٍ عَنِيْدٍ وَذِى عَيْنٍ وَذِى بَغْيٍ وَمِنْ شَرِّكُلِّ ذِى شَرٍّ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ. اللَّهُمَّ جَمِّلْنَا بِالْعَافِيَةِ وَالسَّلاَمَةِ وَحَقِّقْنَا باِلتَّقْوَى وَالإِسْتِقَامَةِ, وَأَعِذْنَا مِنْ مُوْجِبَاتِ النَّدَامَةِ إِنَّكَ سَمِيْعُ الدُّعَاء. اللَّهُمَّ اغْفِرْلَنَا وَلِوَالِدِيْنَا وَأَوْلاَدِنَا وَمَشَايِخِنَا وَإِخْوَانِنَا فِي الدِّيْنِ وَأَصْحَابِنَا وَلِمَنْ أَحَبَّنَافِيْكَ وَلِمَنْ أَحْسَنَ إِلَيْنَا وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَالْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ. وَصَلِّ اللَّهُمَّ عَلَى عَبْدِكَ وَرَسُوْلِكَ سَيِّدِنَا وَمَوْلاَنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ, وَارْزُقْنَاكَمَالَ الْمُتَابِعَةِ لَهُ ظَاهِرًا وَبَاطِنًا فِي عَافِيَةٍ وَسَلاَمَةٍ بِرَحْمَتِكَ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Allohumma inna nastahfidzuka wa nastaudi’uka adyanana wa anfusana wa ahlana wa awaladana wa kulla syai-in a’thoitana. Allohummaj’alna wa iyyahum fi kanafika wa amanika wa ‘iyazika min kulli syaithonim marid wa jabbarin ‘anid wazi ‘ainin wazi baghyin wa min kulli zi syarrin innaka ‘ala kulli syai-in qodir.

Allohumma jammilna bil ‘afiyati was salamati wa haqqiqna bit taqwa wal istiqomati wa ‘aizna min ujibatin nadamati innaka sami’ud du’a’. allohummaghfirlana wa liwalidina wa awladina wa masyayikhina wa ikhwanina fiddini wa ashhabina wa liman ahabbana fika wa liman ahsana ilaina wal mukminina wal mukminati wal muslimina wal muslimati ya robbal ‘alamina. Wa shollillahumma ‘ala ‘abdika wa rosulikan sayyidina wa mawlana muhammadin wa ‘ala alihi wa shohbihi wa sallam, war zuqna kamalal mutaba’ati lahu dhohiron wa bathinan fi ‘afiyatin wa salamatin birohmatika ya arhamar rohimina.

“Ya Allah, sesungguhnya kami mohon pemelihraan-Mu dan kami menyerahkan kepada-Mu agama kami, diri kami, keluarga kami, anak-anak kami, harta-harta kami dan segala yang telah Engkau berikan kepada kami. Ya Allah, jadikanlah kami dan juga mereka berada di dalam pemeliharaan-Mu, keamanan-Mu dan perlindungan-Mu dari setiap gangguan setan pendurhaka, orang-orang takabur yang keras kepala, orang yang mempunyai pandangan jahat, kezaliman dan dari kejahatan setiap orang yang mempunyai kejahatan. Sesungguhnya Engkau Maha Berkuasa atas segala sesuatu.

"Ya Allah, perindahkanlah kami dengan keselamatan dan kesejahteraan. Karuniakanlah kepada kami ketaqwaan dan istiqamah. Lindungilah kami dari perkara-perkara yang menyebabkan kami mendapat penyesalan. Sesungguhnya Engkau Maha Mendengar doa. Ya Allah, ampunilah dosa-dosa kami, kedua orang tua kami, anak-anak kami, guru-guru kami, saudara-saudara seagama kami, sahabat-sahabat karib kami, orang-orang yang mencintai kami karena Engkau, orang-orang yang pernah berbuat baik kepada kami, dari kaum mukminin dan mukminat, muslimin dan muslimat, wahai Tuhan yang mengatur alam semesta. Ya Allah, curahkanlah rahmat dan keselamatan kepada hamba-Mu dan utusan-Mu, junjungan kami dan tuan kami Nabi Muhammad Saw, keluarganya dan para sahabatnya. Karuniakanlah kepada kami kesempurnaan mengikuti ajarannya, secara lahir dan batin, di dalam kesejahteraan dan keselamatan dengan kasih sayang-Mu, wahai Tuhan Yang Maha Pengasih sebaik-baik yang mengasihi.”

Demikian ulasan mengenai doa setelah baca Yasin untuk hajat yang bisa dilakukan agar keinginan dikabulkan.

Wallahu A'lam


Editor : Kastolani Marzuki

Follow Berita iNews di Google News