Ikan Buntal Beracun tapi Lezat Dikonsumsi, Ketahui Cara Mengolahnya

Novie Fauziah ยท Kamis, 01 Juli 2021 - 11:40 WIB
Ikan Buntal Beracun tapi Lezat Dikonsumsi, Ketahui Cara Mengolahnya
Cara mengolah ikan buntal (Foto: justhungry)

JAKARTA, iNews.id - Siapa yang tidak kenal dengan ikan yang satu ini. Ikan buntal terkenal memiliki racun di dalam tubuhnya. Meski memiliki racun, jika Anda mengolah dengan benar, ikan ini memiliki rasa yang lezat.

Ikan buntal atau dalam bahasa ilmiah disebut tetraodontidae, merupakan salah satu jenis ikan yang hidup di terumbu karang. Bahkan ada yang menyebutnya sebagai landak laut, karena tubuhnya akan mengeluarkan duri ketika merasa terancam.

Perlu diketahui, ikan buntal termasuk jenis hewan laut yang beracun kedua di dunia, setelah katak emas. Semua organ dalam, seperti hati dan kulitnya sangat beracun bagi sejumlah hewan jika dimakan.

Akan tetapi, daging beberapa spesies ikan ini, kerap dijadikan makanan di Jepang, Korea dan Tiongkok. Disiapkan oleh juru masak yang profesional, di mana mengetahui letak atau bagian mana saja yang bisa dikonsumsi.

Namun, Anda jangan sampai sembarangan mengonsumsinya, ya. Akibatnya bisa seperti yang terjadi di Nusantara Tenggara Timur (NTT). Sejumlah warga keracunan, bahkan meninggal dunia akibat menyantap ikan buntal ini.

Peristiwa ini terjadi di Dusun Daranatar Desa Hoder Kecamatan Waigete, sekitar pukul 18.00 WITA. Maria Sepe, salah satu anggota keluarga menjelaskan, seorang warga bernama Klementinus Oskar pada Sabtu 26 Juni 2021 malam pergi melaut.

Saat menyantap ikan buntal yang sudah dimasak, selang 2 jam kemudian, banyak orang yang merasa keram, muntah-muntah dan akhirnya dibawa ke IGD RSUD TC Hillers Maumere untuk mendapat perawatan intensif.


Editor : Vien Dimyati

Follow Berita iNews di Google News