Hikmah

Isi Kitab Zabur yang Diturunkan kepada Nabi Daud as untuk Bani Israil

Kastolani Marzuki · Rabu, 30 Juni 2021 - 16:37 WIB
Isi Kitab Zabur yang Diturunkan kepada Nabi Daud as untuk Bani Israil
Kitab Taurat bertinta emas yang ditemukan di Turki. Sama seperti Taurat, Kitab Zabur yang diturunkan untuk Nabi Daud as juga berisi ajaran keimanan menyembah Allah SWT. (Foto: Anadolu)

JAKARTA, iNews.id - Isi Kitab Zabur memuat dua ajaran inti yang dibawa Nabi Daud alaihisalam (as) kepada umatnya Bani Israil. Isi Kitab Zabur pertama, yakni zikir dan penghormatan kepada Allah SWT dan kedua, berisi nasihat-nasihat tentang kebaikan bagi manusia.

Kitab Zabur merupakan wayhu Allah yang diturunkan kepada Nabi Daud Alaihisalam (as) untuk membimbing umat Yahudi atau Bani Israil. Kitab Zabur menggunakan bahasa Qibti dan diturunkan di daerah Yerusalem pada abad 10 SM. 

Penjelasan mengenai Nabi Daud yang mendapat kitab Zabur terdapat dalam QS Al-Isra: 5

وَرَبُّكَ اَعْلَمُ بِمَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَا لْاَ رْضِ ۗ وَلَقَدْ فَضَّلْنَا بَعْضَ النَّبِيّٖنَ عَلٰى بَعْضٍ وَّاٰتَيْنَا دَاوٗدَ زَبُوْرًا

Artinya: Dan Tuhan kamu lebih mengetahui siapa yang ada di langit dan dibumi. Sungguh kami telah memberikan kelebihan kepada para Nabi atas sebagaian yang lain, kemudian kami turunkan Kitab Zabur kepada Nabi Daud As. (QS. AL Isra: 5).

Adapun isi kitab Zabur yang berisi nasihat kebaikan bagi manusia untuk merawat bumi dengan baik serta menjadi hamba-hamba Allah yang saleh disebutkan dalam Al Quran:

{وَلَقَدْ كَتَبْنَا فِي الزَّبُورِ مِنْ بَعْدِ الذِّكْرِ أَنَّ الأرْضَ يَرِثُهَا عِبَادِيَ الصَّالِحُونَ (105) إِنَّ فِي هَذَا لَبَلاغًا لِقَوْمٍ عَابِدِينَ (106) }

Dan sungguh telah Kami tulis di dalam Zabur sesudah (Kami tulis dalam) Lauhul Mahfuz, bahwasanya bumi ini dipusakai hamba-hamba-Ku yang saleh. Sesungguhnya (apa yang disebutkan) dalam (surat) ini benar-benar menjadi peringatan bagi kaum yang menyembah (Allah). (QS. Al Anbiya: 105-107).


Editor : Kastolani Marzuki

Follow Berita iNews di Google News