Hikmah

Isi Kitab Zabur yang Diturunkan kepada Nabi Daud as untuk Bani Israil

Kastolani Marzuki · Rabu, 30 Juni 2021 - 16:37 WIB
Isi Kitab Zabur yang Diturunkan kepada Nabi Daud as untuk Bani Israil
Kitab Taurat bertinta emas yang ditemukan di Turki. Sama seperti Taurat, Kitab Zabur yang diturunkan untuk Nabi Daud as juga berisi ajaran keimanan menyembah Allah SWT. (Foto: Anadolu)

Dalam sebuah hadits diriwayatkan Abu Hurairah disebutkan bahwa Nabi Daud as dimudahkan dalam membaca Kitab Zabur. 

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: "خُفف عَلَى دَاوُدَ الْقُرْآنَ، فَكَانَ يَأْمُرُ بِدَابَّتِهِ لتُسْرج، فَكَانَ يَقْرَأُ قَبْلَ أَنْ يَفْرغ". يَعْنِي الْقُرْآنَ

Dari Abu Hurairah ra bahwa Nabi SAW telah bersabda: Bacaan Al-Kitab dimudahkan bagi Nabi Daud, tersebutlah bahwa bila dia memerintahkan (kepada pelayannya) agar hewan kendaraannya dipersiapkan, lalu diberi pelana, maka tersebut­lah bahwa ia telah merampungkan bacaan Al-Kitabnya sebelum hewan kendaraannya itu siap dikendarai.

Bahkan ketika Nabi Daud as membaca kitab zabur dengan suara merdunya membuat burung-burung yang sedang terbang pun berhenti untuk mendengarkannya.

{يَا جِبَالُ أَوِّبِي مَعَهُ وَالطَّيْرَ}

Hai gunung-gunung dan burung-burung, bertasbihlah ber­ulang-ulang bersama Daud. (QS. Saba: 10).
Burung-burung ikut bertasbih bersama Daud bila Daud bertasbih, dan menjawab tasbih yang diucapkannya bila burung-burung itu sedang terbang di atasnya. 


Editor : Kastolani Marzuki

Follow Berita iNews di Google News