Kisah Bintang Hollywood Will Smith Kagumi Alquran, Tamatkan 30 Juz selama Ramadhan

Anton Suhartono · Selasa, 19 Maret 2024 - 22:04 WIB
Kisah Bintang Hollywood Will Smith Kagumi Alquran, Tamatkan 30 Juz selama Ramadhan
Will Smith mengagumi Alquran, bahkan menamatkan seluruh Alquran satu kali selama Ramadhan (Foto: Saudi Gazette)

RIYADH, iNews.id - Aktor Hollywood Will Smith ternyata seorang yang mengagumi Alquran. Dia bahkan bisa menamatkan seluruh Alquran satu kali selama Ramadhan.

Dalam wawancara di program Podcast Big Time di Riyadh, ArabSaudi, pria 55 tahun itu mengungkapkan kekaguman yang mendalam terhadap Alquran. Dia menyoroti kesederhanaan dan narasi cerita di dalamnya, terutama merujuk pada kisah para nabi, seperti Nabi Musa AS

Dalam wawancara tersebut, seperti dilaporkan kembali Saudi Gazette, Smith mengaku pernah menamatkan bacaan seluruh Alquran selama bulan suci Ramadhan. Tak disebutkan apakah dia membaca teksnya dalam bahasa Arab atau terjemahannya.

Kedekatannya dengan Alquran bermula dari masa-masa sulit yang dia alami sejak 2 tahun terakhir. Smith mengatakan selama itu dia menjalin hubungan yang dalam dengan spiritualitas dan kontemplasi batin. Pada masa itulah dia terdorong untuk mencari jati diri. 

Selama periode tersebut, bintang Men in Black itu membaca semua kitab suci, termasuk Alquran. 

“Itu adalah periode dalam hidup saya ketika saya ingin memperluas hati selebar mungkin sehingga saya bisa merangkul banyak orang,” tuturnya.

Dari seluruh bagian Alquran yang dibaca, perhatiannya tertuju pada kisah Nabi Musa yang sangat menyentuh hati. Bintang film Independence Day itu mendapati hubungan antara kitab suci ilahi dengan refleksi pesan mendalam yang terkandung di dalamnya. 

“Saya takjub melihat banyak referensi tentang Nabi Musa (Alaihi Salam) dalam Alquran,” ujarnya.

Kisah Nabi Musa AS memberikan dampak yang sangat berarti baginya. 

“Saya menyukai kesederhanaan Alquran karena sangat sederhana dan isinya sangat jelas, sehingga sangat mudah untuk menyelesaikan bacaannya tanpa ada kesalahpahaman. Saya terkejut karena semuanya tampak seperti satu cerita dari Taurat, Alkitab, hingga Alquran,” ujarnya.

"Hubungan antara kisah-kisahnya tidak terputus,” katanya lagi, merujuk pada silsilah Nabi Ibrahim AS dan bagaimana sang Khalilullah memiliki keturunan Nabi Ismail AS dan Nabi Ishaq AS. 

Dia mengakui sangat senang dengan konsep terintegrasi itu.

Podcat Big Time dipandu oleh Amr Adib,  bertujuan menjadi platform bagi tokoh-tokoh terkenal yang menghadiri acara Riyadh Season Ke-4. Acara ini juga ditayangkan oleh jaringan televisi MBC dan platform Shahid.


Editor : Anton Suhartono

Follow Berita iNews di Google News